Peta Hidup bukan Cara Membuatnya yang Susah tapi…


The Map of life, the universe and everything…

beda antara life map dan real map, life map, susah buatnya, lebih berat lagi menjalaninya kalau tidak punya WHY yang besar

Sebenarnya ada beberapa metode yang berbeda untuk membuat sebuah peta hidup. Salah satu yang paling dikenal di Indonesia adalah yang disampaikan oleh Jamil Azzaini tentang proposal hidup.

Begitu juga dengan yang disampaikan oleh ibu Marwah Daud Ibrahim dengan MHMMD-nya. Keduanya sama, yakni merencanakan masa depan ketimbang menjadi bagian dari masa depan orang lain.

Secara pribadi, aku baru sempat membaca dan sedikit mempraktekkan yang dari Bu Marwah Daud Ibrahim. Dan bisa jadi di luar sana ada banyak metode lain yang memberikan penjelasan dan contoh.

Bila memang sudah ada banyak training dan bukunya, apakah sudah banyak yang melaksanakannya? Setahuku sih tidak terlalu banyak. Mengapa? Karena yang menjadi pertanyaan bukanlah bagaimananya tapi why (kenapa).

Kau harus memiliki WHY yang besar dan kuat untuk melakukannya. Karena seringkali orang yang gagal bukan karena ia tidak tahu caranya, tapi ia mudah tergoda untuk melepaskan peta atau proposal hidupnya.

Ia tidak memiliki WHY yang besar dan kuat yang bisa membuat dia bertahan dengan segala aturan yang ia buat sendiri. Jadwal yang telah ia ciptakan sendiri untuk keberhasilan dirinya.

Melelahkan memang memaksa diri untuk menjadi orang yang kita inginkan. Lebih mudah untuk menjadi orang sebagaimana air mengalir saja. Oleh sebab itu tidak banyak orang yang berhasil.

Untuk cara yang mudah bayangkanlah kesuksesanmu dalam beberapa segi hidup. Ambillah, sukses di segi spiritual. Menurutmu seperti apakah sukses spiritual itu? Bisa jadi, khusyuk sholat, sholat fardhu tepat waktu, mengerti bacaan Qur’an, hapal 15 juz, puasa senin kamis rutin, dll.

Kini bagilah kesuksesan itu menjadi tahapan dalam tahunan, misal di tahun pertama, kau harus terlebih tahu dahulu fiqih shalat, sholat fardhu tepat waktu baru bisa tiga waktu, puasa baru bisa tiga hari tiap bulan, hafalan Qur’an baru bisa juz 30. Dan kemudian dilanjutkan di tahun berikutnya hingga target itu terpenuhi.

Lalu dari target tahunan itu, kau harus membuat rencana bulanan, mingguan bahkan harian, agar tujuan kesuksesanmu tercapai. Dan percayalah padaku, membuat rencana atau jadwal itu memang susah, tapi melaksanakannya jauh lebih berat, terutama bila kau tidak punya WHY yang besar dan kuat.

Masih berminat?

About these ads

5 thoughts on “Peta Hidup bukan Cara Membuatnya yang Susah tapi…

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s