Tidak Ada Murid yang Bebal, Yang ada hanya guru yang tidak kreatif..


Itu adalah salah satu kalimat yang kusukai ketika membaca bukunya Adam Khoo. Dia menceritakan betapa banyaknya orang tua dan guru yang mengungkapkan kekecewaannya atas kondisi yang menimpa dirinya. Mereka menjumpai bahwa anak, murid yang mereka temui ternyata pemalas, nakal dan tidak bisa menangkap pelajaran sama sekali.

Kondisi menjadi korban ini memang melenakan. Karena menjadi korban, orang tua dan guru yang mengeluh seakan-akan menjadi obyek dari murid dan anak yang nakal.

Sebenarnya yang terjadi adalah karena tidak ada keinginan untuk menjadi guru atau orang tua yang lebih baik. Ketika sang anak terjerat narkoba, orang tua cenderung menyalahkan pergaulan anaknya. Sementara dirinya belum menjadi orang tua yang bisa dijadikan anak tempat mencurahkan perasaan.

Guru, ketika siswanya tidak lulus atau gagal ujian menyalahkan muridnya karena tidak rajin belajar. Tapi dia sendiri tidak pernah berubah agar pelajaran yang ia sampaikan menjadi suatu yang menarik bagi siswa-siswanya.

Seorang pemimpin selalu mengeluhkan bawahannya yang tidak kompeten. Namun dia sendiri tidak pernah berintrospeksi apakah dirinya telah menjadi teladan dan memberikan kesempatan bagi anak buahnya untuk berkreasi.

Seorang da’i mengeluhkan mad’u atau masyarakat yang menjadi permisif (bebas). Tapi sang da’i juga belum berubah untuk mengajak kepada Islam dengan cara yang bijaksana.

Tidak ada murid yang dungu, bebal dan nakal, yang ada hanya guru yang tidak kreatif dan kaku.

Tidak ada anak yang nakal, brutal, yang ada hanya orang tua yang belum tahu bagaimana seharusnya menjadi orang tua.

Tidak ada anak buah yang tidak kompeten dan malas, yang ada hanyalah pemimpin yang belum bisa menjadi teladan dan memberi kesempatan anak buah untuk belajar.

Tidak ada mad’u yang tidak berpotensi, tidak memiliki semangat Islam, yang ada hanya da’i yang tidak mengajak mereka dengan cara yang bijaksana dan manusiawi.

Masih banyak lagi yang lain… silahkan ditambahi sendiri………….
Tidak ada …….. yang…….., yang ada hanya………. yang ………..
Tidak ada …….. yang…….., yang ada hanya………. yang ………..
Tidak ada …….. yang…….., yang ada hanya………. yang ………..
Tidak ada …….. yang…….., yang ada hanya………. yang ………..
Tidak ada …….. yang…….., yang ada hanya………. yang ………..

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s