Ingin Dapat Kondisi Ideal? Ini Caranya….


Masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya. Ada sebuah kisah yang ada di buku Adam Khoo yang berjudul Master your Mind Master Your Destiny. Dan sepertinya ini adalah hikmah yang hilang di dunia Islam. Dan karena yang paling berhak atas hikmah adalah umat Islam maka saat ini saya akan membaginya ke semua.

Dikisahkan ada seorang yang berpangkat manajer yang datang ke Adam Khoo. Dia ingin berkonsultasi, katanya. Nyatanya yang dia lakukan adalah mengeluh. Dia mengeluhkan kinerja anak buahnya. Karena anak buahnya tidak bisa ini dan itu, sehingga ia tidak bisa mencapai target yang sudah diberikan oleh pimpinannya. Dia selalu mengeluh bahwa anak buahnya tidak kompeten, malas, gampang menceritakan keburukan organisasi ke lembaga atau organisasi lain.

Ketika semua uneg-unegnya telah dikeluarkan, kini giliran Adam Khoo berbicara. “Pak, kalo menurut anda sebenarnya pegawai atau anak buah yang baik itu seperti apa sih? Coba anda buat daftarnya! Apa saja kemampuan yang harus dimiliki oleh anak buah anda?”

Si Manajer kemudian membuat daftar dari kemampuan-kemampuan ideal seorang pegawai. Komunikasi yang bagus, bisa membuat presentasi yang menawan, selalu mendukung keputusan perusahaan, mau bekerja keras, bisa memberikan solusi atas permasalahan yang ada, cepat mengambil keputusan, tidak gampang putus asa, dan lain sebagainya.

Setelah selesai, si Manajer kemudian menyerahkan daftar kompetensi pegawai yang telah ia buat ke Adam Khoo. Adam Khoo bertanya kepada si Manajer yang ternyata membuat si Manajer terdiam berpikir keras. Yang ia tanyakan adalah, “menurut anda bila ada pegawai yang memiliki kemampuan seperti itu apakah dia mau bekerja untuk anda?” Skak Mat.

Si Manajer terdiam tidak bisa menjawab.

Memang benar, kita sering meminta orang lain untuk berubah lebih kompeten lebih bekerja keras. Tapi kadang kita lupa bahwa untuk membuat lingkungan kita berubah, kita seringkali harus merubah diri kita terlebih dahulu. Dan ini memang berat. Untuk mendapatkan pegawai yang kompeten, kita harus merubah diri kita sehingga kita layak untuk mendapatkan pegawai yang kompeten. Untuk mendapatkan murid yang brilian, seorang guru harus mengubah dirinya dari guru yang kaku menjadi guru yang kreatif. Untuk mendapatkan anak yang rajin belajar, sang orang tua terlebih dahulu harus merubah dirinya menjadi seseorang yang giat belajar. Ingin mendapatkan mad’u yang berpotensi dan patuh, sang da’i harus merubah dirinya dulu menjadi orang yang layak mendapatkan kepercayaan da’i.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda ingin keadaan di lingkungan anda lebih baik? Mulailah ubah diri anda sehingga anda layak untuk mendapatkan perubahan yang baik.

Wallahu A’lam Bish Showab.

One thought on “Ingin Dapat Kondisi Ideal? Ini Caranya….

  1. Pingback: Proactive, Memilih yang Benar atau Memilih yang Mudah? « Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s