9 Hal yang Dilakukan oleh Orang Sukses


Banyak hal yang dilakukan orang untuk mencapai tujuannya masing-masing ada yang gagal dan ada yang berhasil. Namun berdasarkan studi, ada 9 hal yang dilakukan oleh orang-orang yang sukses yang seringkali tidak dilakukan orang pada umumnya. Apa saja 9 hal itu?

1. Memiliki tujuan yang spesifik/jelas
Seringkali kita ingin meraih sesuatu yang masih abstrak dan tidak jelas. “Menjadi lebih sehat” itu bukan sesuatu yang jelas. Lebih baik diubah menjadi “menurunkan berat badan 2 kg dalam 1 bulan”. Bila kita tidak tahu secara spesifik tujuan kita. Otak kita juga tidak akan merespon dengan cara yang pasti.

2. Melakukan langkah untuk mencapai tujuan
Ketika sudah memberi tujuan yang spesifik pun terkadang orang masih belum bisa menjalankan. Banyak alasan, karena tidak ada waktu banyak masalah dan lain sebagainya. sebaiknya ketika sudah memiliki tujuan dan langkah yang jelas, laksanakan dan komitmen. Rencanakan dengan waktu yang jelas.

3. Cek dan ricek.
Melakukan pekerjaan membutuhkan waktu untuk mengetahui sejauh apa jarak kita dengan tujuan yang kita canangkan. Oleh sebab itu luangkan waktu untuk mengetahui berapa jarak kita dengan jarak kesuksesan yang kita inginkan.

4. Menjadi orang yang realistis dan optimis
Menjadi orang yang optimis tidak salah, tapi bila optimisme itu hanya berdasarkan semangat tanpa ada perencanaan matang dan kerja nyata, selamat anda masuk di dunia mimpi.

5. Tidak hanya sekedar menjadi baik, tapi menjadi lebih baik
Bila sekedar menjadi baik, kita akan berhenti saat kita mencapai tujuan baik kita. Bila kita menjadi lebih baik, kita akan senantiasa termotivasi. Dan akhirnya bekerja kembali untuk menjadi lebih baik.

6. Jadilah orang yang senantiasa memiliki tujuan besar/jangka panjang.
Orang yang memiliki tujuan besar, cenderung tahan terhadap tantangan dan rela untuk menguatkan kompetensi dirinya. Sehingga mereka akan memiliki kompetensi yang cukup untuk meraih tujuannya.

7. Berlatih kekuatan semangat
Semangat itu kadang naik dan turun. Bila sering digunakan kekuatan semangat akan senantiasa terjaga. Bila sebaliknya maka akan turun dengan pasti. Jadi ya memang harus kerja keras.

8. Ketahui diri anda
Jangan mencoba sesuatu yang anda memang tidak mampu, karena hal itu akan menghambat diri anda sendiri. Cobalah sesuatu yang spesifik, mulai dari yang kecil dan berkelanjutan.

9. Lakukan sesuatu yang positif
Daripada memilih untuk tidak melakukan yang negatif, sebaiknya melakukan sesuatu yang positif. Untuk menghilangkan sesuatu yang negatif gantilah dengan melakukan aktivitas yang positif. Daripada memilih untuk tidak memaki-maki ketika marah, gantilah dengan mengambil napas dalam-dalam ketika marah.

 

Diambil dari Blog HBR (Harvard Business Review)

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s