Temukan Potensimu!


Dalam sebuah acara di kantor, seorang teman yang menjadi pembicara ketika itu mengemukakan sebuah diskusi yang berjudul Find Your Potency, “Temukan Potensimu!”. Aku jadi teringat beberapa tahun yang lalu, tiga tahun yang lalu kalau tidak salah. Ketika itu aku masih sendiri (bujangan), fresh graduate, baru bekerja.

Aku tanya kepada seorang teman karib, “Menurut antum bagaimana sih kita bisa tahu potensi kita? Aku sudah mencoba berbagai macam tes kepribadian tapi tidak kunjung mengetahui potensi apa sebenarnya yang kumiliki?”

Dia menjawab, “Ada tiga yang harus senantiasa kau tanyakan dan kau jawab”

“Yang pertama, kegiatan apa yang kau sukai di masa lalumu? Ketika masih kecil apa yang gemar kau lakukan? Bisa jadi ketika kau masih kecil, ketika beban kehidupan itu belum kau rasakan, kau telah melakukan sesuatu yang sangat kau cintai”

“Yang kedua, aktivitas apa yang memberikan kenikmatan yang paling tinggi buatmu? Atau dengan kata lain, aktivitas ini akan tetap kau lakukan meski kau tidak mendapatkan bayaran sama sekali atau bahkan mengorbankan sesuatu”

“Yang ketiga, aktivitas atau pengetahuan atau keahlian apa yang paling cepat kau kuasai? Bisa jadi keahlian ini bagi sebagian orang sangatlah susah, tapi bagi dirimu ini seperti mengambil permen dari anak kecil. Mudah sekali.”

Inilah jawaban untuk ketiga pertanyaan di atas menurut versiku:

Di masa kecil aku sangat senang bercerita. Di masa kecilku aku adalah pendongeng yang ulung. Aku senang mendengarkan cerita dan senang menceritakannya ulang kepada orang lain. Aku masih mengingat hari-hari ketika geng kecilku dulu akan menghentikan aktivitasnya untuk mendengarkan ceritaku.

Aktivitas yang paling membuatku merasa nikmat adalah membaca, mengetahui sesuatu yang baru dan mengetahui cara kerja benda, atau mungkin sebab musabab suatu peristiwa. Aku akan tetap membaca meski aku tahu itu tidak berhubungan dengan pekerjaanku. Aku akan tetap mencari tahu meski itu harus menghilangkan waktu luangku.

Memudahkan yang sulit. Beberapa hal yang bagi sebagian orang susah dipahami akan menjadi mudah setelah melalui bahasaku. Itulah menurutku. Karena aku senang dalam mencari pokok-pokok dalam setiap hal. Aku ingin mencari pokok-pokok dalam ilmu kehidupan.

Itu adalah versiku, jadi mungkin bakatku adalah mencari tahu, mengenali pokok-pokoknya dan menceritakannya dengan versi yang lebih menarik.

Dan itulah yang kulakukan saat ini. Semoga kamu juga menganggapnya menarik…

Apa jawabanmu atas tiga pertanyaan di atas? Silahkan dibagi dengan comment di bawah.

Wallahu A’lam Bishshowab.

2 thoughts on “Temukan Potensimu!

    • imajinasi adalah bagian terkuat dari otak kanan…. Mas Ilham tinggal menemukan imajinasi apa yang bisa membawa kesuksesan….. apakah membuat cerpen, film, atau menggambar… saya yakin Allah telah memberikan bakat kepada masing-masing kita tinggap apakah kita bersedia untuk bekerja keras membangun bakat itu menjadi sesuatu yang bermanfaat

Bagaimana menurutmu kawan?

