Rekor Itu akan Terpecahkan


Judul itu memang sengaja muncul ketika menggambarkan kedigdayaan Spanyol dalam dunia sepak bola saat ini. Meski negara mereka sedang lesu-lesunya dalam bidang ekonomi, kemenangan mereka dalam Piala Eropa 2012 dirayakan di seluruh daratan Spanyol.

Saya ingin memberikan sebuah gambaran lain. Dulu di cabang olah raga lari sebelum tahun 1954 ada sebuah keyakinan bahwa tidak mungkin seseorang bisa lari 1 mil dalam waktu kurang dari empat menit. Dan kenyataan ini telah bertahan selama 400 tahun.

Rekor lari tercepat itu seakan-akan tidak mungkin terpecahkan. Tetapi kemudian muncullah seorang yang bernama Roger Bannister. Tidak ada yang istimewa dari seorang Roger Bannister yang lulusan Oxford. Di jaman itu masih banyak atlet-atlet lain yang lebih baik dari pada dia. Namun Bannister tidak kecil hati. Selain berlatih secara fisik, ia juga berlatih secara mental. Ia memvisualisasikan bahwa ia memecahkan rekor tersebut.

Lalu tepat pada tanggal 6 Mei 1954, Ia memecahkan rekor dengan lari sejauh satu mil dalam waktu tiga menit 54 detik. Tapi bukan itu yang mengagumkan. Ternyata setelah ia memecahkan rekor itu, pada tahun yang sama 37 orang telah memecahkan rekornya. Dan pada tiga tahun selanjutnya lebih dari 300 pelari berhasil melakukannya. Rekor Bannister tidak terasa hebat lagi.

Banyak orang yang melihat bahwa sejarah Italia yang tidak terkalahkan ketika bertemu Spanyol akan tidak bisa dipecahkan. Mereka melihat bahwa rekor itu tidak akan berubah. Spanyol akan dikalahkan oleh Italia di final Piala Eropa 2012.

Namun yang dilakukan Spanyol adalah membuat sebuah rekor baru, Memenangkan Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Sebuah rekor yang mungkin akan tetap berlanjut di Piala Dunia 2014 menurut prediksi banyak komententor.

Namun saya yakin sebagaimana rekor Bannister tercetak, dalam waktu dekat akan banyak orang yang akan terlampaui. Begitu juga dengan pencapaian Spanyol kali ini. Ia juga akan terlampaui dalam waktu dekat.

Tapi harus diingat bahwa jauh dan dekatnya waktu antara lari dan sepak bola sangat jauh berbeda. Bila even lari bisa dilaksanakan berulang kali dalam setahun sepak bola mungkin memiliki perguliran yang agak lama, mungkin 10 atau 20 tahun. Tapi yang jelas rekor Spanyol itu akan kembali terpecahkan hingga orang menemukan kembali hambata dalam pikiran mereka bahwa rekor itu tidak akan terpecahkan.

Siapakah nanti yang akan mencetak rekor melebihi era Spanyol? Apakah ia berasal juga dari Eropa? Kembali ke Brasil? Atau dari Afrika? Atau bahkan dari Eropa? Atau, kalau boleh membayangkan, mungkinkah Indonesia?

Dan pertanyaan selanjutnya adalah, latihan apa yang telah kita lakukan untuk mewujudkan itu semua?

Wallahu A’lam Bishshowaab

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s