Bila Telah Kuat Sebuah Tujuan, akan Jelas Jalan Mencapainya


Biar touring, demi sungkem pada orang tua, juga tetap dilakoni

إِذَا صَدَقَ العَزْمُ وَضَحَ السَّبِيْلُ

Banyak cara yang disarankan orang ketika membahas merubah atau memulai sebuah kebiasaan baik. Ada yang menyarankan dengan dipaksa. Ada yang dengan menjadwalkan dan membiasakan. Tidak salah memang. Namun ijinkan aku membawakan sebuah mutiara.

Mahfudzot di atas sebenarnya membantu kita untuk menguatkan azam, keinginan, tujuan atau cita-cita. Karena sebenarnya di sanalah segalanya bermula. Ada yang mengatakannya dari niat. Bila memang niatnya telah kuat, maka jalan mencapainya akan jelas.

Mengapa hanya berdasarkan kekuatan keinginan atau azam saja? Tidakkah dibutuhkan kualitas yang lain untuk mencapai sebuah tujuan?

Aku mungkin membalik pertanyaannya? Mengapa orang seringkali tidak mencapai tujuannya? Maka menurutku adalah kurangnya kekuatan mental dalam menyiapkan tujuan.

Contoh, jika kamu di Surabaya saat Ramadhan lalu dan ingin bertemu dengan Ibu Bapak yang ada di kampung saat lebaran apa yang anda lakukan? Bermacam-macam.

Mulai dari berburu tiket pesawat bila di kampung ada bandara, Mencari tiket kereta api, bila tidak ketemu bisa naik bis, bila tidak ada, bisa naik travel, bisa sewa mobil, bahkan pilihan terakhir bisa jadi touring dengan sepeda motor. Apapun caranya asalkan bisa mudik dan sungkem kepada orang tua.

Namun berbeda bila anda di Surabaya ingin menghabiskan waktu dengan bersenang-senang. Ya, hanya untuk menghabiskan waktu, tidak ada yang spesial. Apakah anda mencari banyak metode? Aku yakin tidak. karena memang hanya untuk menghabiskan waktu. Nothing special.

Apalagi kalau dari Gresik ke Bojonegoro tujuannya untuk melamar pendamping hidup. Wah biar tidak tahu rumahnya, bismillah sajalah. Nanti juga akan ketemu. Dan apa yang terjadi? Ya tetap saja menikah, karena memang sudah kuat azam dan keinginannya.

Maka ketika seseorang itu merasa hilang semangat, merasa terputus jalan mencapai tujuannya, malas untuk bangkit kembali setelah gagal. Patut ditanyakan seberapa kuatkah keinginannya. Sudahkah anda mati-matian menginginkannya? Bila tidak, tidak heran bila jalannya hanya satu atau dua. Karena bila sudah kuat tujuannya, akan jelaslah jalan mencapainya.

Apa keinginanmu teman? Dan sudahkah kamu mati-matian ingin mewujudkannya?

Wallahu A’lam

4 thoughts on “Bila Telah Kuat Sebuah Tujuan, akan Jelas Jalan Mencapainya

  1. Pingback: Ling Lung.. « Ry24's Weblog

  2. Pingback: Jika Jujur Keinginan Seseorang, Maka akan Jelaslah Jalannya | Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s