Sekali Lagi Umar dan Kesederhanaannya


Pemimpin mana yang bisa meniru?

Sahabatku, sungguh aku tidak sanggup ketika membaca kisah-kisah Umar kecuali menangis dalam hati. Aku merasakan rindu yang mendalam untuk berjumpa dengan manusia yang satu ini. Karena kisahnya pula aku pun ingin berjumpa dengan dua sahabatnya Rasulullah saw dan Abu Bakar.

Rasulullah yang penuh dengan kasih sayang. Abu Bakar yang penuh ketaatan dan Umar yang selalu memperhatikan keadaan umat Islam.

Umar adalah Amiirul Mukminin. Tapi ia sungguh jauh dari sifat-sifat yang ada pada pemimpin sekarang ini. Simaklah bagaimana Anas mengisahkan kesederhanaannya.

“Antara dua bahu di baju Umar ra. terdapat empat tambalan, dan kainnya ditambal dengan kulit. Pernah beliau berkhutbah di atas mimbar mengenakan pakaian yang memiliki 12 tambalan”. Subhaanallah.

Siapa yang tidak bergetar dengan kondisi seperti itu. Sedangkan beliau adalah seorang khalifah. Pemimpin umat Islam yang di jaman itu telah menguasai wilayah yang luas. Gubernur-gubernurnya pun memiliki kondisi yang lebih baik dari dirinya.

Sungguh benar apa yang dikatakan oleh Abu Dzar Al Ghifari, “Sungguh kasihan pemimpin umat Islam yang datang setelahmu Umar. Mereka akan senantiasa dibandingkan dengan dirimu”.

Wallahu A’lam

2 thoughts on “Sekali Lagi Umar dan Kesederhanaannya

  1. Aku punya buku sangat sangat bagus mas, tentang 4 khalifah ini. Buku lawas dapet dari Pasar senen. penerbitnya masih bulan bintang, entah tahun kapan itu. Penulisnya seorang wartawan yang ustadz. Tulisannya runtut banget. Dan masih saja bergetar saat membacanya.

    • judulnya apa An, kebetulan aku juga kemarin beli buku baru terkait sirah sahabat terutama khulafaur rasyidin, dan asyiknya lagi setelah itu aku juga dapat ebook baru al-bidayah wan nihayah penulisnya adalah Ibnu Katsir

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s