Organisasi


Manajemen adalah sebuah organi dari sebuah institusi

Kata ini sudah sangat sering kita dengar sekarang ini sehingga kadang kita tidak tahu kapan sebenarnya sebuah perkumpulan dinamakan sebuah organisasi. Dan organisasi yang sekarang ini sangat banyak dan sangat besar bila kita bandingkan 100 tahun sebelumnya.

Di tahun 1900 sebagian besar bagian dari masyarakat belum memiliki organisasi besar selain pemerintah di pusat. Hampir jarang didapati universitas dan institusi (organisasi pendidikan). Tidak ada di jaman itu sebuah institusi yang memiliki sumber daya sebagaimana sekarang yang modal dan tenaga kerja manusianya tidak terbayangkan.

Saat itu kebutuhan masyarakat cukup dipenuhi oleh rumah tangga. Seorang petani membutuhkan sepatu dengan membeli sepatu di pembuat sepatu. Tiap orang yang membutuhkan daging berarti perlu datang ke peternak.

Namun sekarang ini ketika kita membutuhkan beras, daging, sepatu, kita cukup mendatangi sebuah tempat. Di sana tersedia berbagai macam hal, berbagai harga, dan berbagai bahan. Sangat berbeda dengan 100 tahun yang lalu.

Institusi atau organisasi besar merubah semua hal itu. Sekarang hampir tidak ada kebutuhan yang bisa dipenuhi sendiri oleh masing-masing rumah tangga tanpa melibatkan sebuah institusi besar di dalamnya. Kita saat ini menjadi sebuah masyarakat institusi atau organisasi.

Dan ketika muncul institusi dan organisasi besar inilah akhirnya berkembang yang namanya management. Tiap anggota masyarakat sekarang ini memiliki kebutuhan yang sama. Pangan, sandang , papan dan kebutuhan lain. Sebuah institusi atau organisasi muncul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ini.

Dan agar institusi tersebut bisa memberikan kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, diperlukan management agar institusi tersebut benar-benar bekerja.

Tulisan ini untuk muncul untuk mempermudah, dan semoga bisa memberikan pencerahan atau tambahan wawasan tentang apa itu institusi, organisasi dan manajemen.

Semoga bisa rutin dan memberikan manfaat bagi semua.

Wallahu A’lam

Sumber artikel: MANAGEMENT, Tasks, Responsibilities, Practices. Oleh Peter Drucker

Sumber gambar: www.flickr.com

2 thoughts on “Organisasi

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s