Manusia Didesain untuk Menjadi Lurus


Bila di Indonesia saat ini korupsi merajalela apakah berarti bahwa korupsi adalah penyakit menurun. Genetik? Sehingga seorang yang korupsi akan memiliki anak yang korupsi. Apakah seorang perampok pasti akan memiliki anak gembong perampok? Jawabanku tidak, karena setiap manusia ternyata sejak dilahirkan sebagai seorang yang lurus.

Hal ini kusimpulkan saat belajar tentang ilmu bahasa tubuh. Sudah lama diketahui bahwa membaca bahasa tubuh seorang anak akan lebih mudah. Karena anak kecil adalah seseorang yang jujur. Ungkapan lisannya akan sama dengan ungkapan bahasa tubuhnya.

Bila berbeda, maka akan sangat mudah mengetahuinya. Karena bahasa tubuhnya akan bereaksi terbalik dengan apa yang dia ucapkan ini adalah contohnya:

Ketika anak-anak berbohong mereka menutupi mulutnya

Ini adalah anak kecil yang berbohong, tanpa sadar mereka akan meletakkan kedua tangan untuk menutupi mulutnya. Karena sebenarnya dalam tiap diri manusia ada hati nurani yang jelas menunjukkan bahwa berbohong itu tidak baik.

Bagaimana ketika usianya bertambah?

Remaja ketika berbohong, tidak bisa menghilangkan hati nuraninya

Meski samar-samar, bahasa tubuhnya tetap mengatakan bahwa ia sedang berbohong. Maka untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak bisa dilihat dari ketika dia berbicara, apakah dia menutup mulutny atau mencoba menutup mulutnya.

Dan bagaimana bila terjadi dengan orang dewasa?

Ini adalah apa yang dilakukan oleh Clinton ketika ditanya apakah dia selingkuh dengan Monica Lewinsky atau tidak. Anda sudah bisa menebak jawabannya khan.

Manusia itu sebenarnya sudah dijadikan oleh Allah untuk menjadi orang yang lurus. Orang yang jujur dengan hati nuraninya.

Wallahu A’lam

Sumber: The Definitive Book of Body Language, How to Read Other’s Thoug by Their Gesture

Karangan: Barbara and Allan Pease

5 thoughts on “Manusia Didesain untuk Menjadi Lurus

  1. Pingback: Budi Pekerti Yang Buruk itu Menular | Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s