Manajemen, Apa Sih Fungsinya?


Perusahaan besar yang dulu belum pernah ada sebelumnya

Kita mungkin sudah lumrah dengan kata manajemen. “Pak X duduk sebagai seorang manajer, atau yang berhak memutuskan adalah pihak manajemen” Apakah sebenarnya fungsi seorang manajer itu? Siapakah seorang yang layak disebut sebagai manajer? Apakah ada orang yang berfungsi sebagai manajemen tapi tidak berada sebagai manajer?

Mari kita kembali di saat manajemen ditemukan.

Berdasarkan postingan sebelumnya, di awal tahun 1900-an tidak banyak perusahaan besar. Saat itu sebagian warga sebuah negara hanya memenuhi kebutuhan hidup dengan sistem barter. Ukuran sebuah usaha saat itu mungkin hanya memenuhi sekumpulan rumah tangga saja.

Berbeda setelah terjadi revolusi industri dan perang dunia. Banyak perusahaan besar mulai bermunculan. Kebutuhan masyarakat yang sebelumnya bisa dipenuhi dengan barter ternyata diambil alih oleh sebuah institusi usaha yang besar.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang besar itulah, banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Nah ketika banyak tenaga kerja yang dibutuhkan inilah dibutuhkan sesuatu yang bisa memastikan bahwa mereka semua bekerja sesuai dengan yang dibutuhkan.

Bila toko sepatu yang melayani satu kampung, mungkin cukup dikelola oleh satu orang pemilik toko dan mungkin dua orang pegawai. Sang pemilik toko bisa melatih, dan memeriksa hasil pekerjaan pegawainya seorang diri.

Bila toko atau usaha sepatu ini melayani sepatu untuk satu negara banyak hal yang terlibat. Pengadaan bahan baku, tenaga kerja, pengadaan peralatan, lokasi pabrik, pasokan listrik, arus masuk keuangan. Semuanya harus bisa berjalan dengan baik agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Nah disinilah yang membedakan manajemen dan yang bukan manajemen, manajer dan bukan manajer. Manajemen adalah sebuah unit dalam sebuah institusi yang tugas utamanya adalah memastikan pekerjaan dalam institusi tersebut bisa berjalan dengan optimal.

Jadi bukan masalah gaji, atau posisi yang memberikan dasar perbedaan antara manajemen dan bukan manajemen. Yang membedakan adalah tanggung jawabnya. Manajemen bertanggung jawab agar institusinya bisa berjalan sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Wallahu A’lam

Sumber artikel: MANAGEMENT, Tasks, Responsibilities, Practices. Oleh Peter Drucker

3 thoughts on “Manajemen, Apa Sih Fungsinya?

  1. Setuju, bahkan sekarang dalam dunia IT, manajemen sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perusahaan. Blackberry menyadari bahwa kekurangan yang ada sekarang untuk bersaing dengan sekelas apple, salah satu yang perlu diperbaiki adalah manajemen yang kurang baik. Inti dari kemajuan perusahaan biasanya juga karena manajemen yang baik.

    Begitulah materi kuliah manajemen kali ini. hehehe🙂

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s