Maher Zain is Not The Best


Ini bukan perkataanku, ini adalah yang dikatakan oleh Brother Abdullah. Demikian aku menyebutnya. Ia adalah salah seorang relawan NGO dari Swiss kalau tidak salah. Abdullah ini warga negara Swiss tapi keturunan Turki.

Dalam perjalanan kami menuju sebuah lokasi penyerahan paket sembako, kami mengobrol tentang beberapa hal. Ada dua hal yang kutanyakan. Yang pertama adalah tentang Maher Zein, dan kedua adalah tentang krisis di Yunani.

Ketika aku bertanya bagaimana populernya Maher Zein di luar negeri, ia menjawab bahwa di luar negeri pun Maher Zein terkenal sebagaimana di Indonesia. Katanya ini bukanlah semata-mata karena kemampuan suaranya, tapi lebih pada keahlian marketing perusahaan rekamannya.

“Hah, apa?” Aku kaget, “Maksudmu, ada orang yang menyanyi lebih baik dari pada Maher Zein di luar sana dan tetap Maher Zein yang menjadi terkenal?” tanyaku.

“Tentu saja, masih banyak lagi orang yang lebih baik dari dia, hanya saja mereka tidak memiliki kesempatan seperti Maher Zein dan Sammy Yusuf, mereka berdua berada dalam satu manajemen.” Lanjut Abdullah. Aku hanya manggut-manggut saja.

“Perusahaan rekaman tahu bahwa saat ini sebagian besar wanita muslimah menggandrungi tidak hanya masalah suara tapi juga wajah yang tampan. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan profit, mereka harus mendapatkan artis yang sesuai dengan kebutuhan pasar.”

“Kenyataan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja lho, di negara-negara lain bahkan muslimah di Eropa juga memiliki kesamaan, mereka gandrung dengan seseorang yang hadsome” Terang Abdullah.

Wow, benar-benar sesuatu yang shocking soda, Tapi kukira memang begitulah prinsip kerja marketing sebuah perusahaan. Bila ia ingin mendapatkan keuntungan, ia harus menangkap apa yang diinginkan oleh customernya.

Wallahu A’lam

2 thoughts on “Maher Zain is Not The Best

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s