Bukan dengan Membalik Tangan


Maka - orrua

Berhasil menaiki ombak bukan hanya dengan membalik tangan

Suatu ketika salah seorang darimu mungkin menemukan sebuah keluarga yang bahagia. Si ayah adalah seorang pengusaha kaya namun religius. Si Istri, seorang ibu rumah tangga yang baik yang memberikan kepedulian bagi keluarga dan lingkungan.

Si anak? Mereka adalah surga dunia bagi orang tuanya. Tingkah laku mereka memberikan penyejuk bagi mata orang tuanya. Prestasi akademik dan di luar sekolah mereka memberikan keyakinan bahwa mereka akan berhasil mengukir kebaikan setelah orang tua mereka.

Maka kau pun bertanya kepada si Ayah atau si Ibu, “Bagaimana caranya?” Tapi benarkah itu yang kau tanyakan? Ataukah pertanyaanmu yang sebenarnya adalah, “Apakah ada cara mudah untuk mendapatkan itu semua?”

Memang manusia cenderung ingin mendapatkan sesuatu dengan mudah. Quick fix, tips-tips untuk menyelesaikan masalah kehidupan selalu menghiasi semua perbendaharaan pelatihan atau training. Padahal cara sebenarnya untuk mewujudkan sebuah impian adalah sebuh proses panjang.

Padahal sebagaimana kita ketahui, semua proses membutuhkan waktu dan tenaga serta emosi yang besar. Ingatlah bagaimana engkau belajar berjalan. Bukankah kau merangkak, berdiri dan berjalan disertai jatuh bangun, tangis dan luka bahkan?

Itu di dunia fisik. Semua sudah kita pahami. Tapi sebenarnya proses yang sama terjadi di dunia emosi kita. Emosi kita juga harus belajar untuk mengalami kematangan. Dan prosesnya tidak mudah. Ia membutuhkan waktu yang lama. Banyak rasa amarah, sedih, gembira dan kecewa. Semua menjadi satu.

Maka proses keberhasilan dan kesuksesan itu tidak diraih dengan quick fix, dan tips-tips. Ia diraih dengan kerja keras dan kesiapan emosi. Lamanya waktu dan kuatnya tantangan adalah kesempatan untuk maraih sukses.

Maukah kau belajar lagi sahabat? Untuk mengetahui proses-proses kesuksesan. Untuk mencoba sendiri tantangan untuk mendapatkan keberhasilan. “Pemikiran menghasilkan tindakan, tindakan menghasilkan kebiasaan, kebiasaan menghasilkan karakter, karakter menghasilkan takdir”

Wallahu A’lam

Sumber: 7 Habits of Highly Effective People

7 thoughts on “Bukan dengan Membalik Tangan

    • Kadang-kadang kepingin juga sukses dengan cara cepat, tapi ternyata dari pengalaman, itu hanya datang dari menipu. Entah menipu orang lain atau menipu diri sendiri

  1. “Pemikiran menghasilkan tindakan, tindakan menghasilkan kebiasaan, kebiasaan menghasilkan karakter, karakter menghasilkan takdir”. Quote yang mencerahkan. Terima kasih Sob.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s