Barangsiapa Yang Tahu Jauhnya Perjalanan, Ia Akan Bersiap-Siap


English: The first run on November 1st of the ...

Man ‘Arofa Bu’da as Safari Ista’adda

Bila kau berangkat dari Surabaya menuju Jakarta menggunakan Kereta Api, maka waktu yang kau butuhkan adalah 12 jam. Dan dengan mengetahuinya jauhnya perjalanan itu, pastilah kau menyiapkan bekal.

Kau membutuhkan air dan makanan. Kau juga membutuhkan uang atau dana. Karena memang 12 jam bukanlah sebuah perjalanan yang singkat.

Bagaimana dengan perjalanan yang menggunakan pesawat terbang? Apakah ia akan membutuhkan bekal yang lebih banyak. Ternyata tidak sahabat.

Karena berkurangnya waktu untuk menempuh pasti ada perbekalan lain yang berlebih. Ya, betul persiapan dana yang lebih besar. Bila dengan menggunakan kereta api membutuhkan 250-300 ribu, untuk pesawat bisa dua atau bahkan tiga kali lipatnya.

Artinya bahwa jauhnya perjalanan itu sebanding dengan bekal atau persiapan yang dibutuhkan. Bila memang kau ingin sampai di tempat yang kau tuju.

Berbeda bila kau tidak ingin ke Jakarta. Kau hanya ingin ke Bandung atau Jogja. Bekalmu lebih sedikit. Tapi harus diingat bahwa kau tidak akan sampai ke Jakarta.

Sahabat, seringkali kau ingin mencapai Jakarta tapi terkadang kau tidak menyiapkan diri dan bekal untuk sampai ke sana.

Atau sebaiknya, terkadang kau ingin ke Jakarta, namun kau tidak tahu di mana Jakarta itu. Kau juga awam tentang bagaimana cara untuk bisa sampai ke sana. Sehingga akibatnya kau tidak tahu berapa bekal yang harus kau persiapkan.

Maka ada dua hal yang harus kau perhatikan dalam melakukan persiapan sahabat. Tujuan dan jauh serta kondisi dalam  mencapai tujuan.

Bila kau tidak memiliki tujuan, sejauh apapun perjalanan yang kau tempuh, tidak akan ada garis finish. Karena kau memang tidak memilikinya. Kau tidak tahu tujuan mana yang harus kau raih. Yang kau dapat dari perjalanan hanya lelah.

Dan yang kedua adalah kondisi dan jauhnya perjalanan. Bila kau memiliki tujuan namun kau tidak mengetahui kondisi perjalanan dan jauhnya, kemungkinan besar kau akan kehabisan bekal di perjalanan. Sehingga kau juga tidak bisa sampai ke tujuanmu.

Ketidaktahuan jauhnya perjalanan juga bisa membuatmu khawatir. Kau sibuk mengumpulkan bekal. Namun kau tidak pernah melakukan perjalanan. Karena kau menganggap perjalanan itu sangat jauh. Dan bekal yang kau siapkan masih sangat kurang.

Oleh sebab itu hanya orang yang tahu tujuan dan jauhnya perjalanan untuk mencapainya yang akan mempersiapkan dengan matang.

Wallahu A’lam

3 thoughts on “Barangsiapa Yang Tahu Jauhnya Perjalanan, Ia Akan Bersiap-Siap

  1. Pingback: How Long? [Moslem Corner] « 9ethuk

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s