Agar Pasukan Yang Besar Menjadi Efektif


Bahasa Melayu: Pasukan elit PASKAL dengan senj...

Pasukan yang besar dan kecil tidak jauh berbeda kata Sun Tzu

Sun Tzu berkata, “Mengatur pasukan dalam jumlah besar tidak berbeda dengan mengatur beberapa orang prajurit, hanya masalah pembagian tugas saja. Berperang dengan jumlah pasukan yang besar juga tidak berbeda jauh dengan jumlah yang kecil, yang harus diperhatikan adalah bagaimana memberikan tanda atau sinyal”.

Membaca perkataan Sun Tzu ini aku harus mengernyitkan dahi. Apakah yang dia maksudkan sebenarnya? Apakah benar bahwa mengatur pasukan dalam jumlah besar tidak jauh berbeda dengan prajurit dalam jumlah sedikit?

Aku teringat memberikan sebuah pertanyaan kepada ibu-ibu anggota kelompok pemberdayaan ekonomi. Begini pertanyaannya, “Bu, menurut ibu, apakah berbeda cara mengatur ketika ibu memiliki satu toko dengan memiliki dua toko?”

Mereka tidak menjawab, mereka bingung. Mereka tidak tahu. Mereka hanya membayangkan bahwa tokonya akan besar dan hanya mereka sendiri yang berada di dalamnya. Belum terbayang bila harus memiliki karyawan, memiliki banyak toko.

Di sinilah aku melihat kebenaran yang dikatakan oleh Sun Tzu. Ketika jumlah pasukan kita hanya beberapa orang dan kita juga bertarung dengan pasukan musuh dalam jumlah yang sama maka kita bisa membagi tugas mereka dengan mudah.

Harus ada yang menjadi garda depan. Ada juga yang harus siap sebagai pemanah. Pasukan yang berkuda juga harus disiapkan. Harus ada yang mengamankan perbekalan. Dan beberapa tugas yang lain. Penugasan inilah yang harus jelas.

Bila dalam jumlah kecil kita telah menemukan penugasan yang jelas, maka saat pasukan bertambah, kita cukup memperbesar jumlah orang yang bertanggung jawab dalam penugasan itu. Tidak jauh berbeda.

Bila tugas dan tanggung jawab itu sudah tersampaikan, kini tinggal masalah perintah bergerak. Bagaimana kita bisa memastikan perintah kita diterima oleh semua pasukan kita dan semua bergerak dalam alur yang sesuai. Ini adalah masalah komunikasi.

Sekali lagi menentukan tugas dan tanggung jawab serta komunikasi yang menjadi kunci kemenangan.

Wallahu A’lam

9 thoughts on “Agar Pasukan Yang Besar Menjadi Efektif

  1. kepemimpinan yang tepat mampu mengendalikan pasukannya dengan sebaik2nya…caranya, jadilah pemimpin yang bisa dijadikan teladan yang baik…..
    hormat kepada pemimpin karena keteladanannya lebih baik daripada hormat kepada pemimpin karena rasa takut

    Salam semangat dari Tombak Tumpul

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s