Perbaikilah Dirimu, Maka Manusia akan Baik Kepadamu


4 1/2 months

Ashlih Nafsaka Yashluh Laka an Naasu

Diperlakukan baik adalah keinginan semua orang. Dihormati dengan derajat yang sama adalah sesuatu yang menjadi impian semua manusia. Bukankah itu alasan banyak muncul perjuangan yang heroik melawan penjajah?

Tidak hanya di tingkatan bangsa atau negara, tapi juga di tingkatan paling kecil yakni pribadi atau keluarga. Kau pasti juga ingin diperlakukan dengan baik oleh, orang tua, pasangan dan mungkin juga anak cucu.

Namun seringkali yang terjadi sebaliknya. Ketika kau ingin merasakan penghormatan dan perlakuan baik, yang terjadi malah kenakalan, keusilan, perendahan derajat.

Inti hidup ini adalah sesuatu yang sangat besar. Ini kutemukan tidak hanya di bukunya Stephen Covey dan Adam Khoo, tapi juga kutemukan di dalam mahfudzot sebagaimana judul di atas.

“Perbaikilah dirimu, maka manusia akan baik kepadamu”. Syarat untuk mendapatkan kebaikan dari orang lain adalah dengan memperbaiki diri terlebih dahulu.

Kebaikan itu dimulai dari dalam kata Stephen Covey. Kebaikan sejati tidak bisa didapatkan dari luar dirinya. Kebaikan hanya muncul dari dalam diri terlebih dahulu. Barulah setelah itu ia akan merasakan kebaikan di luar.

Begitu juga dengan prinsip yang dimiliki oleh Adam Khoo. Ketika kau menginginkan anak yang shalih. Seorang anak yang giat belajar, merasakan nikmat belajar dan menghormati orang tuanya.

Maka pertanyaannya adalah sudah pantaskah kau menjadi orang tua bagi anak yang shalih? Bila kau masih gandrung dengan TV, maka jangan berharap agar anakmu jatuh cinta dengan belajar.

Jauh sebelum muncul Stephen Covey dan Adam Khoo, ternyata telah ada sebuah mahfudzot, “Perbaikilah dirimu, maka manusia akan baik kepadamu”.

Wallahu A’lam.

7 thoughts on “Perbaikilah Dirimu, Maka Manusia akan Baik Kepadamu

  1. Pingback: Proactive, Memilih yang Benar atau Memilih yang Mudah? « Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s