iPhone Mengulang Blunder Nokia?


iPhone 2g, iPhone 3GS, iPhone 4

iPhone 2g, iPhone 3GS, iPhone 4 (Photo credit: reticulating)

Sun Tzu mengatakan bahwa mulai bergeraknya pasukan bagaikan sebuah aliran sungai deras yang bahkan mampu menggerakkan batu-batuan yang ada di jalurnya.

Namun keputusan yang tepat bagaikan sergapan elang yang tepat waktu yang membuatnya mampu menyerang dan menghancurkan musuh-musuhnya.

Maka seorang petarung yang baik bisa jadi buruk di saat awal bergerak, tapi ia tetap memiliki keputusan yang tepat yang bisa membuatnya menang dalam pertarungan.

Dari yang dikatakan Sun Tzu ini keputusan yang tepat dan berkualitas bisa mengalahkan senioritas. Memang benar bahwa orang lain bisa jadi memulainya lebih dulu dari kita. Tapi jaman berubah.

Maka perubahan ini harus disikapi dengan tepat. Jangan sampai kalah start membuatmu rendah diri. Karena bisa jadi hal-hal sekarang ini yang terjadi belum mereka antisipasi.

Sekarang bukanlah saat yang tepat untuk minder. Yang harus kau miliki sekarang adalah bagaimana caramu untuk mengambil keputusan yang tepat yang bisa membuatmu menang dalam pertarungan.

Karena pembedanya bukan di siapa yang lebih dahulu memulai tetapi siapa yang keputusannya lebih tepat. Masih ingat contoh iPhone yang menjungkalkan Nokia?

Bukankah iPhone tidak pernah bergerak di bisnis handphone? Tapi keputusan Steve Jobs yang tepat membuat iPhone merajai. Kini aku heran mengapa iPhone sekarang iklan di Jawa Pos yang dulu tidak pernah dilakukan di jaman Steve Jobs?

Apakah iPhone sekarang akan mengulangi kesalahan Nokia yang mementingkan marketing dan bukan membuat sebuah produk yang insanely great? Bagaimana menurutmu sahabat?

2 thoughts on “iPhone Mengulang Blunder Nokia?

  1. marketing apple selalu sukses bikin produk2nya dijual dalam kategori tersendiri yang membuatnya jadi unik. semoga sepeninggalan steve jobs gak lantas menurun. atau justru bagus ya biar harganya lebih murah.

    • Setahu saya, Apple sangat jarang marketing dengan iklan sebagaimana produk pada umumnya. Produknya benar-benar insanely great sehingga kemunculan produk itu sendiri sudah menjadi marketing. Tanpa harus memarketingkan dengan iklan. kita lihat saja, apakah di Apple ada yang masih berhasrat membuat produk yang Insanely great.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s