Kekuatan Mengekang Energi


green version of line art drawing of an archer...

Mengekang Energi Potensial

Sun Tzu mengatakan, energi itu bagaikan saat menarik sebuah busur. Sedangkan keputusan itu adalah bagaikan saat melepaskannya.

Berbicara soal busur aku jadi ingat sebuah pelajaran fisika yang kudapatkan saat SMU, energi potensial. Dan memang contohnya juga serupa, menarik busur.

Bila busur itu dibiarkan tidak ditarik, tidak ada energi potensial yang muncul. Dan untuk menariknya dibutuhkan kekuatan yang tidak sedikit. Bagi yang belum terbiasa bermain panah akan sangat kesulitan.

Aku sendiri pernah menghabiskan 3 jam di wahana memanah di WBL (Wisata Bahari Lamongan). Di sana aku melihat banyak contoh yang gagal dan juga yang berhasil. Aku banyak belajar dari wahana tersebut.

Kegagalan dalam memanah seringkali bukan disebabkan oleh kurangnya konsentrasi. Tapi kurangnya kekuatan untuk menstabilkan sebuah energi potensial yang muncul saat busur sudah melengkung adalah alasannya.

Saat tangan sudah merasa pegal dan tidak bisa menahan energi potensial yang besar, maka mau tidak mau anak panah harus dilepaskan. Dan keputusan seperti ini sangat jarang membawa keberhasilan.

Maka yang bisa kuambil pelajarannya adalah untuk memberikan keputusan yang tepat bukan konsentrasi semata. Tapi yang lebih banyak menentukan adalah seberapa besar kekuatan yang dimiliki dalam menahan energi tersebut.

Kreativitas, semangat berubah, wawasan yang luas, dan keinginan yang besar adalah sebuah energi. Namun semua itu bisa tidak menjadi apa-apa bila kita tidak bisa menahan dan mengaturnya. Yang terjadi malah akan meluncur sebelum waktunya.

Dan begitu telah meluncur keputusan itu, semua energi kita akan dibawanya. Sangat sedikit yang tersisa. Hasilnya, bila berhasil tepat sasaran, kita harus menghimpun energi baru karena kita harus naik level. Bila tidak berhasil, kita akan kelelahan dan cenderung menyerah.

Oleh sebab itu, kekanglah energi itu. Latihlah kekuatan mentalmu agar bisa mengendalikan energi itu. Bukan sebaliknya, energimu yang mengendalikanmu. Caranya? Menurutku adalah banyak berlatih dan belajar.

Menurutmu?

8 thoughts on “Kekuatan Mengekang Energi

  1. membuat saya mengevaluasi diri. memang kalau gak pandai2 me-manage energi bisa salah sasaran dan malah merugi. harus belajar menahan ego dan tahu apa yang benar2 kita inginkan.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s