3 Langkah Rasulullah Mengubah Ummat ke Arah Kebaikan


three heartMengubah diri menuju arah yang lebih baik terkadang memang tidak mudah. Namun sebenarnya sudah ada contoh yang diberikan oleh tauladan terbaik, Rasulullah saw. Tapi sebelumnya kuingatkan ini bukan langkah-langkah mudah.

Langkah yang dicontohkan oleh beliau bukan tips, tapi langkah panjang yang membutuhkan dedikasi dan komitmen tinggi. Mari kita masuk ke langkah pertama.

Tilawah

Sudah sama-sama kita tahu bahwa wahyu yang pertama kali turun adalah surat Al-‘Alaq. Dengan diawali sebuah perintah kepada Nabi saat itu untuk membaca.

read Quran 1Sahabat, inilah langkah pertama menuju kebaikan. Membaca. Tapi bukan hanya sekedar membaca dalam artian membunyikan huruf. Tapi lebih dari itu. Ia bermakna menambah wawasan dan ilmu.

Untuk mengubah diri menuju kebaikan kau harus tahu ilmu kebaikan tersebut. Karena tanpa pengetahuan itu kau juga tidak tahu tujuan yang kau tuju.

Bukankah sekarang semakin banyak orang yang berpindah keyakinan ke Islam menemukan hidayah dari ilmunya. Entah itu ilmu kedokteran, geologi, farmasi dan lain sebagainya.

Karena memang demikianlah sifat ilmu. Ia akan membawa pemiliknya pada kebenaran. Bila Bilal tidak tahu bahwa ada seorang Muhammad yang menyatakan, bersikap dan membelanya seorang budak, maka apakah mungkin dia mau berubah?

Bila Umar tidak tahu tentang ayat-ayat yang sumbernya dari Allah menggambarkan tentang dunia, mungkinkah ia mendapatkan hidayah?

Sebagaimana bila kau tidak tahu apakah di Sulawesi ada tempat menyelam yang indah, apakah mungkin kau berhasrat pergi ke sana? Tentu saja tidak. Keinginan, hasrat, itu muncul bila telah ada pengetahuan baru yang didapatkan.

Oleh sebab itu perluaslah wawasanmu, perdalamlah ilmumu, aku yakin kau akan menemukan kebenaran di sana. (bersambung)

Wallahu A’lam

2 thoughts on “3 Langkah Rasulullah Mengubah Ummat ke Arah Kebaikan

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s