Tazkiyah


pray to Allah 2Pengetahuan dan wawasan adalah langkah pertama untuk menuju kebaikan. Namun manusia tidak hanya diisi dengan akal dan ilmu. Ia juga memiliki emosi, jiwa dan ruh.

Tidak sebagaimana akal yang dengan pengetahuan bisa menentukan jalannya. Ruh, emosi dan jiwa ini memiliki keunikan. Ia tidak bisa disentuh hanya dengan tambahan ilmu.

Maka sudah lumrah orang yang pintar, pandai, cerdas tapi perilakunya tidak cerdas. Semua ilmu, pengetahuan dan wawasan yang ia miliki ternyata tidak membawa kebaikan namun malah sebaliknya.

Maka sebagaimana di negara kita tercinta Indonesia, betapa banyak orang yang pandai ternyata melakukan perbuatan yang hina. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme sudah mendarah daging.

Maka pengetahuan, ilmu dan wawasan saja tidak cukup. Manusia untuk bertindak ke arah kebaikan juga membutuhkan petunjuk, dan petunjuk itu berada dalam ruh, emosi dan jiwanya.

Dan karena ruh itu berasal dari Allah, Jiwa juga sengaja diciptakan memiliki potensi untuk berbuat baik dan buruk, maka cara untuk mengarahkannya adalah dengan cara mendekatkan kepada Allah.

Menyucikan hati, ruh, jiwa dan emosi dengan meminta ampun adalah cara yang diajarkan Rasulullah. Bukankah beliau meski termasuk orang yang terbebas dari dosa tetap meminta ampun?

Itu sebenarnya pendidikan bagi kita umatnya agar kita juga menyucikan hati dan jiwa. Dengan menyucikan diri, membangun kedekatan dengan pemilik hati dan jiwa maka hati dan jiwa ini akan lebih mudah menyukai kebenaran. (bersambung)

Wallahu A’lam

2 thoughts on “Tazkiyah

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s