Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji


Orang 'sangar' bergaulnya juga dengan orang 'sangar'

Orang ‘sangar’ bergaulnya juga dengan orang ‘sangar’

Wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik-baik. Biarlah ini menjadi awalan untuk menjelaskan mahfudzot di atas.

Setiap orang pasti ingin bergaul dengan orang yang baik-baik, jujur dan menepati janji. Namun sangat jarang yang menemukannya. Sebaliknya, yang terjadi adalah maraknya penipuan, pembohongan dan peng-kadal-an.

Di manakah sebenarnya para ahli kebaikan itu. Apakah mereka yang berpeci haji, bersorban putih, dan bergelar agama? Tidakkah golongan orang seperti itu juga kini banyak melakukan penipuan dan pembohongan? Lalu dengan siapakah kita harus bergaul?

Sahabat, sebelum menuduh orang lain lihatlah terlebih dahulu ke dalam dirimu. Sudahkah kau juga berusaha untuk menjadi orang yang jujur dan menepati janji. Bila kau juga pembohong dan menyalahi janji, pastilah yang menemanimu adalah yang satu frekuensi denganmu.

Pembohong akan sangat risih bergaul dengan orang yang jujur. Karena orang yang jujur, bicara dengan jujur apa adanya, tidak bisa diajak “kompromi” semua serba terbuka dan transparan.

Sebaliknya, orang yang jujur juga akan sangat risih bergaul dengan para pembohong. Karena mereka akan banyak kecewa, ketika mereka mengatakan apa adanya, ternyata dibalas dengan dusta dan ketidakbenaran.

Maka orang yang jujur akan cocok bertemu dengan orang yang jujur. Dan orang yang bohong akan lebih senang untuk berteman dengan orang yang bohong.

Bila kau ingin menjadi bagian dari orang yang jujur dan menepati janji namun tidak mendapatinya, sebaiknya kau mulai meraba diri. Sudahkah kau berusaha menjadi orang yang jujur dan menepati janji?

Bila tidak, ya jangan heran bila kau hanya bertemu dengan penipu dan pembohong. Karena diri kau sendiri masih senang dengan kebohongan dan pengingkaran.

Jaalis ahlash shidqi wal wafaa’i (pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji).

Wallahu A’lam

5 thoughts on “Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s