Bakat, Apakah Kau Memilikinya?


Español: Cristiano Ronaldo y Forlán, enfrentad...

Apakah bakat hanya dimiliki oleh mereka yang sukses di pencapaian dunianya?

Bakat, hal apakah itu sebenarnya? Banyak pertanyaan yang berkembang mengenai hal ini sepanjang perjalanan manusia. Apakah bakat itu memang benar-benar ada ataukah memang itu hanya sebuah hasil kerja keras dan keinginan yang kuat.

Banyak yang mengira bakat itu hanya dimiliki mereka yang sukses dalam segala pencapaiannya. Cristiano Ronaldo, Michael Jordan, Michael Schumacher, Valentino Rossi semuanya memiliki bakat. Dan bakat mereka membuat mereka mendapatkan semua pencapaian dunia mereka.

Berarti bakat itu hanya sedikit. Tidak semua manusia atau orang memiliki bakat. Dan oleh karenanya tidak semuanya memiliki pencapaian yang tinggi dan kesuksesan.

Tapi bagaimana dengan mereka yang memiliki pencapaian yang biasa-biasa saja? Apakah mereka memiliki bakat.

Sebuah buku yang bagus memberikanku sebuah perspektif baru tentang sebuah bakat. Menurut buku itu, bakat adalah sebuah perilaku berulang yang bisa memberikan keuntungan bila digunakan dengan tepat.

Dan dengan sebuah definisi baru ini. Akhirnya semua orang memiliki bakat. Hanya saja terkadang bakat mereka tidak diketahui orang lain. Bahkan ada orang yang tidak mengetahui bakat mereka. Dan ada yang tidak dihargai dengan bakat yang mereka miliki.

Seorang sopir yang ahli memiliki berbakat. Sopir yang berbakat dalam benak mereka akan selalu bertanya, “Bagaimana bila ada penyeberang jalan yang tiba-tiba datang? Bagaimana bila ada mobil yang memotong jalan? Bagaimana bila? Dan bagaimana bila?” Itulah yang ada di alam pikir mereka.

Sementara sopir yang biasa-biasa saja yang dipikirkan adalah berapa lama dia harus menyetir? Berapa lama lagi dia akan sampai? Dan berapa lama ia akan beristirahat?

Seorang perawat, guru, dan bahkan petugas kebersihan semuanya memiliki kelebihan bakat tertentu yang tidak bisa disaingi oleh mereka yang tidak memilikinya.

Bagaiman menurutmu? Apa bakatmu?

Wallahu A’lam

Dari Buku: First, Break All The Rules karya Marcus Buckingham

6 thoughts on “Bakat, Apakah Kau Memilikinya?

  1. Semua orang terlahir berbakat, semua orang terlahir sempurna dan semua orang terlahir luar biasa. Tugas terberat orang tua adalah menemukan hal itu pada anak anak mereka. Hanya sekali keputusan dan tidak boleh salah.

    • Orang tua mengajari anak tidak boleh takut salah. Maka ia sendiri juga tidak boleh takut salah dong Pak. Berusaha adalah tugasnya, hasilnya, Allah yang menentukan. Dan bisa jadi kita menemukan bakat anak kita, tapi di kehidupan mereka ketika dewasa, bisa jadi ada bakat lain yang tidak kita ketahui..

  2. Pingback: Bakat itu Seperti Jalan Tol Bebas Hambatan « Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s