Menang Tanpa Serangan


A siege battle underway in the game's real-tim...

Belajar perkataan Sun Tzu dari Game..

Aku agak bingung dengan penjelasan Sun Tzu yang satu ini. Ia mengatakan, “Dalam semua pertempuran, menyerang dengan langsung sudah jelas akan dibutuhkan. Namun agar kemenangan pasti diraih dibutuhkan metode menyerang tidak langsung”.

Menyerang tidak langsung? Apa maksudnya menyerang dengan tidak langsung? Aku bingung. Beberapa hari aku memikirkan apa yang dimaksudkan dengan metode menyerang tidak langsung.

Aku pun melamun kembali saat aku memainkan sebuah game yang berjudul “Rome Total War”. Beberapa tahun sebelumnya pun aku memainkan sebuah game yang hampir mirip, “Shogun Total War”.

Untuk menguasai sebuah daerah terkadang kita tidak harus menyerang dengan berhadapan langsung antar pasukan. Terkadang kita cukup mendatangkan diplomat untuk menyuap tentara musuh.

Atau bisa juga dengan menyusupkan mata-mata untuk melakukan sabotase sehingga penyerangan akan mudah dilakukan. Pilihan lain dalam “Shogun Total War” adalah dengan mengirimkan pembunuh dalam bentuk Geisha untuk menghabisi jendral. Dengan terbunuhnya jendral, moral pasukannya akan turun dengan drastis.

Atau bila dilakukan dalam waktu yang lebih lama, bisa juga kita menyodorkan seorang putri agar dinikahi oleh raja atau pangeran musuh. Kedekatan kekeluargaan ini juga bisa menjadi senjata untuk menguasai musuh.

Langkah-langkah di atas bila dilakukan dalam peperangan skala besar. Bagaimana dalam sebuah pertempuran antara satu pasukan dengan pasukan lainnya. Apakah ada serangan tidak langsung yang bisa digunakan.

Jawabannya ada. Kita bisa mengepung musuh dari berbagai sisi. Bila berhadapan dengan pasukan infanteri dengan pergerakan lambat, kita bisa mengintimidasi mereka dengan mengepungm menggunakan pasukan berkuda. Kita bisa bergerak mengelilingi mereka, menyerang dari sisi yang tidak dipertahankan.

Bisa juga bila jendral musuh gampang tersulut amarah, kita bisa memancing sebagian pasukan mereka keluar untuk berhadapan. Padahal sebenarnya untuk memisahkan sebagian pasukan dari kumpulan besarnya. Baru setelah itu dikeroyok habis-habisan.

Menurutku dalam dunia bisnis sekarang ini, serangan frontal antara satu bisnis dengan kompetitornya sudah mulai jarang dilakukan. Sebaliknya yang banyak adalah dengan serangan tidak langsung.

Mereka yang lebih menunjukkan perbaikan internal (produk dan pelayanan) ketimbang saling bermusuhan dan jor-joran iklan (ingat iklan provider jaringan telepon seluler yang musuh-musuhan) akan memenangkan peperangan.

Jadi kini serangan tidak langsung-lah yang menentukan kemenangan sebuah bisnis. Menurutmu bagaimana?

Wallahu A’lam

7 thoughts on “Menang Tanpa Serangan

    • berperang memperebutkan hati customer, jadi lebih melayani pelanggan dari pada menyerang kompetitor secara langsung

      • Pelaku usaha cargo lebih dominan menggunakan offliner, kami coba onliner.

        Beberapa perusahaan cargo yg sudah onliner hanya sebatas pada web dan fb. Saya gunakan web, twitter dan blog.

        Pelanggan biarlah memilih sesuka hati mereka.

        Mungkin seperti itu.

  1. Serangan tidak langsung itu seperti iklan produk makanan dan minuman menampilkan pabriknya yang bersih dan canggih di iklannya itu ya gan?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s