Perbedaan Bicara Pria dan Wanita


Two women talking over coffee

Two women talking over coffee (Photo credit: ellenantill)

Pada posting sebelumnya, kita sama-sama sudah tahu bahwa wanita adalah master of talking, dan pria adalah mediocre talker. Pria memang tidak terlalu hebat bila dibandingkan wanita dalam hal bicara.

Kini ada beberapa hal yang sebaiknya kau ketahui soal bicara.

Wanita Butuh Ngomong

Kenapa? Karena otak mereka tidak seperti otak pria. Otak pria ketika menemukan masalah akan membentuk kabinet tersendiri. Masalah ini disimpan di kabinet 1, masalah itu disimpan di kabinet 2, begitu seterusnya. Ketika ia menganalisanya, ia akan menelusuri satu persatu.

Sementara otak wanita tidak bisa melakukannya. Masalahnya akan tetap melayang-layang di kepalanya. Satu-satunya cara agar wanita bisa terbebas dari masalah yang ada di kepalanya adalah dengan membicarakannya.

Bukan untuk menyelesaikannya tapi hanya untuk menghilangkan masalah itu dari kepalanya.

Tidak hanya Butuh, Wanita Senang Ngomong

Mengapa mereka senang ngomong? Karena dalam alam bawah sadar wanita, yang mereka butuhkan adalah menjalin hubungan. Jadi berbicara adalah sebuah alat untuk mendapatkan hubungan tersebut. Sementara bagi pria, berbicara, ngobrol dan ngomong adalah cara untuk menyampaikan fakta dan informasi saja.

Pria tidak bisa mengerti bagaimana wanita setelah seharian ngobrol ia tetap bisa ngobrol dengan orang yang sama lewat telepon berjam-jam.

Pria Ngobrol dengan Dirinya Sendiri

Bagi para istri, bila kau melihat suamimu menerawang jauh diam. Ia tidak sedang menganggur. Ia sedang berbicara. Ia berbicara dengan dirinya sendiri untuk menemukan solusi atas permasalahan yang ia hadapi.

Pria adalah seorang pejuang, pelindung. Perilaku dalam bawah sadarnya, kondisi lingkungan memaksa dia untuk tidak mudah menunjukkan takut atau khawatir.

Maka ketika ada permasalahan datang kepadanya, yang sering ia katakan ialah, โ€œTinggalkan saja di situ, nanti coba kuselesaikan, kupikirkan dulu ya?โ€ Dan ia benar-benar memikirkannya.

Yang harus diperhatikan ketika ngobrol dengan diri sendiri ialah saat seorang pria bersama dengan banyak wanita. Para wanita ini akan menganggap si pria menjauh, tidak senang. Padahal sebenarnya ia sedang berpikir.

Berbeda bila pria bertemu dengan pria. Bila masing-masing berdiam diri, tidak ada masalah. Mereka bisa saling berdiam diri dengan sangat lama. Itulah salah satu alasan olah raga memancing sangat digemari pria.

Wanita berpikir dengan suara keras

Sebagaimana di atas wanita melepaskan masalah dengan bercerita dan ngobrol, begitu juga dengan menyelesaikan masalah. Bila pria harus berada dalam kondisi tenang, wanita harus menyatakan dengan suara apa masalah dan bagaimana solusinya.

Itulah mengapa banyak pria menuduh wanita banyak ngomong. Sebenarnya mereka sedang berpikir, tapi cara berpikirnya adalah dengan berbicara tidak dengan dirinya, tapi mengeluarkan suaranya.

Bagaimana dengan pengalamanmu?

Wallahu a’lam

10 thoughts on “Perbedaan Bicara Pria dan Wanita

    • untuk mengeluarkan masalah, untuk menyelesaikan masalah dan untuk menjalin hubungan semuanya dengan ngomong, makanya ramai….. hehehehe

  1. Eh? Gitu ya..
    *senyum2 sendiri sambil manggut2.
    Kadang memang jengkel aja ngelihat teman cowok yang diam aja pas ada masalah. Jadi, (kemungkinan) ia sedang berpikir ya… ๐Ÿ˜€

  2. tapi mas saya lihat banyak juga cowok yang suka ngobrol bahkan ngomongin orang lain. dan menurut saya itu agak annoying/mengganggu. isi omongannya ala emak2 tapi tenaganya pemuda. ๐Ÿ˜† itulah yang saya sebut beradab tapi gak berbudaya. ๐Ÿ˜ณ mereka tahu mereka butuh untuk ngerasa ‘kece’ dibanding abege/anak muda lainnya tapi cara2nya itu annoying dan gak berkelas. ๐Ÿ˜›

    • sabar mas ilham, jangan cepat sewot, nanti cepat tua kayak saya…. Memang ada perilaku laki-laki yang nyeleneh, tidak pas pada umumnya. Untuk kalo mereka masih abege, wajar saja sih karena kadang-kadang yang masih abege-abege gitu banyak yang caper… kalo gak ada yang memperhatikan mereka bakal sewot sendiri…..

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s