Tidak ada kenikmatan kecuali setelah kepayahan


English: Steve Jobs shows off the white iPhone...

wa maa al ladzatu illaa ba’da at ta’abi

Bahasa keren dari mahfudzot ini adalah sebagaimana yang diungkapkan oleh Steve Jobs “Stay Hungry, Stay Foolish”. Mengapa keduanya sama?

Bayangkan saat kau merasa haus sebagaimana bila kau puasa dan adzan Maghrib berkumandang, maka seakan-akan semua hidangan ta’jil mampu kau habiskan sendiri.

Namun saat adzan benar-benar berkumandang sesaat kau meneguk satu gelas air putih. Rasa dahagamu terpuaskan. Satu gelas lagi mungkin masih sanggup tapi setelah tiga gelas kau tidak lagi merasakan nikmat.

Apakah airnya berubah menjadi pahit? Ataukah rasanya menjadi tidak enak? Tentu saja tidak. Tapi tubuh kita sudah merespon bahwa kebutuhan air yang masuk telah cukup. Lambung kita sudah cukup mendapatkan air. Rasa dahaga dihilangkan oleh tubuh kita.

Oleh sebab itu cara yang paling sesuai untuk merasakan kenikmatan air tersebut adalah tidak minum air lagi. Kita harus merasakan haus lagi. Sehingga ketika kita meminum air di saat yang lain, kenikmatan dan kesegaran itu akan terasa kembali.

Jangan merasa telah pintar, tetaplah mencari ilmu-ilmu baru, karena ketika seseorang telah memutuskan dia telah pintar maka sebenarnya ia memulai membodohkan dirinya sendiri.

Jangan merasa sudah cukup, karena ketika sudah cukup kenikmatan yang datang terkadang tidak terasa segar dan memuaskan.

Sesungguhnya kelezatan itu datang setelah kita merasakan kelelahan. Kenyang yang paling nikmat adalah saat kita makan waktu lapar. Keberhasilan yang paling gemilang adalah saat kita tidak memiliki pengalaman apapun.

Bagaimana kondisimu kawan? Kenyang, atau lapar? Penuh atau kosong?

Wallahu A’lam

5 thoughts on “Tidak ada kenikmatan kecuali setelah kepayahan

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s