Kesabaran itu menolong setiap pekerjaan


Job Search

Ash-Shobru yu’iinu ‘alaa kulli ‘amalin

Apa itu kesabaran? Banyak yang mengartikan kesabaran berarti tabah dalam menghadapi ujian. Ada juga yang mengartikan sebagai keteguhan dalam menjalankan perintah. Tapi aku ingin memberi sebuah arti yang berbeda dalam bahasa bukan makna.

Aku menganggap kesabaran adalah sebuah sikap mental yang ditandai dengan keteguhan dan konsisten dalam melakukan yang terbaik. Sikap mental dan bukan aktivitas. Mentalnya tetap sama tapi aktivitasnya bisa jadi berbeda tergantung kondisinya.

Kesabaran itu menolong kegagalan. Bagaimana sabar bisa menolong kegagalan? Dengan memunculkan sikap terbaik dengan konsisten saat gagal. Apa sikap terbaik saat gagal? Dengan menyadari bahwa kegagalan adalah kesempatan belajar, dan tetap berusaha untuk meraih kesuksesan.

Kesabaran itu menolong orang yang kaya. Bagaimana sabar bisa menolong orang yang kaya? Dengan memunculkan sikap terbaik dengan konsisten saat dilimpahi kekayaan? Apa sikap terbaik saat kaya? Dengan menyadari bahwa kekayaan adalah titipan dan menggunakannya untuk kebaikan.

Kesabaran itu menolong saat sedih. Bagaimana sabar bisa menolong orang yang sedih? Dengan memunculkan sikap terbaik dengan konsisten saat bersedih? Sikap apa? Dengan menyadari bahwa semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah, dan bahwa sedih kadang diperlukan agar kita menyadari besarnya nikmat yang telah diberikan Allah.

Kesabaran itu juga menolong saat kecewa. Bagaimana sabar bisa menolong orang yang kecewa? Dengan memunculkan sikap terbaik saat kecewa. Yakni menyadari bahwa terkadang keinginan tidak selalu terwujud dan akan ada sebuah ibrah bagi setiap kekecewaan.

Jadi memang benar bahwa kesabaran itu menolong setiap pekerjaan. Menolong setiap kondisi dan situasi. Bagaimana menurutmu?

Wallahu A’lam

10 thoughts on “Kesabaran itu menolong setiap pekerjaan

  1. Matursuwun Mas,
    lagi sabar neh, pengen nyari tempat kerja dengan suasan yang beda, hahahaha
    Kalau ada vacant pabrik farmasi kasih tau ya, hahahahah

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s