Telur Angsa Emas dan Petani


English: Eggs (Free range chicken), Indonesia ...

telur emas, bagaimana bila kau mendapatkannya?

Suatu ketika, seorang petani memeriksa kandang angsanya. Ia ingin memeriksa telur angsa. Ia kaget. Ternyata yang ia temukan adalah sebutir telur yang berwarna keemasan. “Apakah ini benar-benar emas?” Ia ragu.

Ia ingin membuang telur itu tapi tidak jadi. Ia memeriksa kembali telur itu, ternyata telur itu benar-benar terbuat dari emas. Ia heran seheran-herannya.

Ia bahkan hampir tidak percaya bahwa ia bernasih semujur ini. Itu belum seberapa. Di beberapa hari setelah itu, ia tetap menjumpai telur emas itu. Tiap pagi ia bergegas menuju kandang untuk memeriksa apakah telur emas itu tetap muncul atau tidak.

Dengan munculnya telur emas itu ia menjadi terkenal dan memiliki kekayaan yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Namun kekayaannya membuat ia menjadi semakin serakah. Ia tidak sabar menunggu esok pagi.

Maka ia membuat sebuah keputusan untuk membunuh si angsa dan berharap akan mengetahui rahasia mendapatkan telur emas sepanjang masa. Ia pun membunuh dan membuka setiap bagian tubuhnya. Tapi ia tidak tahu. Ia tidak menemukan apapun, itu hanya seekor angsa biasa.

Kini ia menyesal karena ia tidak akan mendapatkan telur emas lagi. Ia telah menghancurkan satu-satunya yang memproduksi telur emas.

Pelajarannya adalah tentang keseimbangan. Bila kau hanya memperhatikan telur emas (hasil) dan tak memperdulikan angsanya maka kau akan kehilangan telur emasmu.

Sedangkan bila kau hanya memperhatikan dan merawat angsanya namun tidak memperhatikan telur emas yang ia hasilkan, lama kelamaan kau akan kehilangan sumber daya untuk merawat angsa dan juga dirimu sendiri.

Semuanya adalah menyeimbangkan antara hasil produksi dan asset yang menghasilnkannya. Bahasa Covey adalah P/PC (production/production capability) atau bisa kita sebut sebagai sebuah aset.

dari buku: 7 Habits of Highly Effective People

8 thoughts on “Telur Angsa Emas dan Petani

  1. Pingback: Angsa lebih Berharga daripada Telur meski Telurnya Terbuat dari Emas | Inti Hidup

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s