Waktu itu lebih mahal daripada emas


Chariots' Clock

al waqtu atsmanu min adz dzahabi

Dalam kondisi sadar, kau pasti sepakat denganku. “Memang benar bahwa waktu itu lebih mahal daripada emas.” Ketika emas atau harta itu hilang selama nyawa masih di badan bolehlah kita mencarinya lagi di lain waktu.

Tapi bila waktu itu yang telah lewat, bagaimana kita bisa mendapatkannya lagi? Tidak ada yang bisa. Tidak ada yang bisa menebus waktu-waktu yang telah terlewati.

Ia lebih mahal dari harta apapun yang ada di dunia. Bahkan meski seisi dunia kau miliki, kau takkan pernah mengalami lagi waktu yang telah terlewati.

Banyak kisah-kisah inspiratif soal waktu ini. Mulai dari pengandaian waktu sebagai uang yang kita miliki, hingga sebuah kisah seorang anak yang rela membayar demi waktu luang ayahnya.

Berarti apakah orang yang memiliki banyak waktu adalah orang yang paling kaya? Tidak juga. Ternyata banyak orang yang memiliki waktu ternyata tidak menjadi orang yang paling sukses di dunia.

Karena meski mahal, tidak semua orang mengerti akan kemahalannya. Sehingga ia menganggapnya sebagai sesuatu yang murah. Ia tidak menghargainya sebagai sesuatu yang sangat berharga.

Di samping itu, ada orang yang hanya memiliki waktu singkat. Tapi ia lebih kaya daripada orang yang telah tua. Ia adalah orang yang memiliki banyak manfaat bagi manusia lain.

Dalam waktu singkat ia lebih kaya. Ia lebih memiliki prestasi. Ia lebih memiliki amal kebaikan. Ia lebih bermanfaat bagi orang yang berada di sekelilingnya bahkan seluruh manusia di dunia.

Oleh sebab itu, memang waktu itu mahal. Tapi yang kaya bukanlah orang yang memiliki banyak waktu. Tapi dia yang bisa menggunakan waktunya untuk memberikan manfaat bagi orang lain.

Bagaimana menurutmu?

Wallahu a’lam

6 thoughts on “Waktu itu lebih mahal daripada emas

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s