Oh


Tujuan

  1. Menunjukan kekuatan tinggi rendahnya nada suaradalam komunikasi verbal
  2. Memahami bagaimana tinggi rendah nada suara bisa mempengaruhi orang lain dalam memahami pesang yang kita sampaikan

Jumlah peserta: Berapapun

Bahan: secarik kertas dan pena

Waktu: 10 sampai 20 menit

Langkah

Games ini berlangsung cepat dan menyenangkan untuk menunjukkan kekuatan tinggi rendah nada suara kita dalam komunikasi verbal.

Sebagai fasilitator, tulislah kata “Oh” pada selembar kertas sebesar mungkin sehingga bisa dibaca oleh seluruh anggota tim. Mintalah mereka membaca kata tersebut, kemudian pimpinlah mereka untuk mengucapkannya dengan suara yang keras. Kemudian beritahukan berikut ini:

Kata “oh” yang sederhana adalah sebuah kata yang mudah diucapkan. Bagaimanapun ketika kita mengucapkan “oh” hal itu bisa memberikan makna yang berbeda sesuai dengan bagaimana mengucapkannya. Aku akan membacakan kepadamu kejadian yang berbeda, dan tiap aku selesai membaca, silahkan sampaikan kondisi tersebut dengan mengucapkan “oh” dengan tinggi nada suara yang sesuai.

Kemudian bacalah kejadian-kejadian berikut, dan tunggu bagi peserta untuk mendemonstrasikannya secara verbal. Kau bisa mengucapkannya bersama mereka untuk pertama kali.

  1. Kau mengejutkanku
  2. Aku membuat kesalahan
  3. Aku kesal padamu
  4. Kau membuatku senang
  5. Aku bosan
  6. Aku terpesona
  7. Aku mengerti
  8. Aku tidak mengerti

Pertanyaan diskusi

  1. Mengapa satu kata dapat bermakna banyak hal?
  2. Apa pelajaran yang bisa kita ambil dari menggunakan kekuatan tinggi nada suara?  

2 thoughts on “Oh

Bagaimana menurutmu kawan?

