Buku 7 Habits-nya Stephen Covey Menurutku


Book Cover

Sebuah buku yang melegenda

Buku ini sudah menjadi sebuah legenda tersendiri. Aku tidak tahu ke berapa bahasa buku ini sudah diterjemahkan. Semua cetakannya dalam negara manapun mungkin sudah menjadi best seller.

Aku membacanya pertama kali ketika semester 6 waktu kuliah (tahun 2003). Ketika itu aku sampai termangu membacanya. Ia membawaku mengelana ke masa laluku, dan membawaku ke cita-cita yang mungkin tak pernah kubayangkan sebelumnya. Bila kau ingin mencari buku self help, buku ini aku rekomendasikan.

Namun harap berhati-hati dengan istilah Indonesianya. Karena aku ketika membaca versi Indonesianya kadang tidak nyambung. Makanya aku lebih senang dengan versi asli Inggris-annya.

Apa saja isi buku ini? Ada tujuh prinsip hidup yang ditawarkan oleh Stephen Covey. Semua tujuh prinsip ini adalah sebuah prinsip yang universal. Ia bisa diterima oleh semua kalangan (menurutku).

Meskipun ia telah memiliki tujuh prinsip yang melapisi tiap diri manusia. Aku merasa bahwa masih ada satu prinsip utama yang sepertinya ia lupakan. Aku membayangkan seandainya saja ia mau menemukan inti dari tujuh prinsip itu maka aku yakin ia akan menemukan Islam.

Tapi itu adalah menurutku. Menurut kalian bisa jadi sangat berbeda. Menurutku nilai untuk bukunya Covey ini layak mendapatkan nilai 10 dari 10. Meskipun menurutku ada yang masih kurang, tapi bukunya sudah membantuku menemukan inti hidup yang kucari-cari.

Bagaimana menurutmu kawan? Berapa nilai untuk buku ini?

Wallahu a’lam

Bagaimana menurutmu kawan?

