Hubungan Antara Ngobrol dan Angka Perceraian


Talk

Masih siap ngborol di rumah?

Masalah ngobrol menjadi masalah serius bagi pasangan suami istri. 74% wanita yang bekerja dan 98% wanita yang tidak bekerja menyatakan bahwa yang menyebabkan hubungan mereka tidak berjalan mulus adalah karena pasangannya yang tidak bersedia berbicara atau ngobrol ketika berada di rumah.

Hal ini hanya dirasakan oleh wanita jaman sekarang. Dulu ibu-ibu kita tidak merasakannya karena dulu ibu-bapak kita memiliki anak yang jumlahnya dihitung dengan lusinan. Aku dan saudara-saudaraku adalah 5 bersaudara. Maka perbendaharaan kata ibuku sudah habis untuk ngurus 5 anaknya.

Sementara sekarang banyak keluarga yang memiliki anak yang jumlahnya sedikit. Hal ini membuat ibu rumah tangga harus menghabiskan sisa perbedaharaan katanya dengan sang suami ketika pulang dari tempat kerja.

Selain itu jaman dahulu, wanita atau ibu-ibu lebih banyak ditemui sebagai ibu rumah tangga. Sehingga bagi mereka yang memiliki sedikit anak atau belum dikaruniai anak masih memiliki temang ngobrol dengan para tetangganya.

Kini, sebagian wanita atau ibu juga bekerja, sehingga ibu rumah tangga yang berdiam diri di rumah tidak memiliki kesempatan untuk menghabiskan persediaan kata. Dan pasangannya harus siap sedia menemaninya ngobrol setelah ia pulang dari tempat kerja.

Ini mungkin sebuah masalah yang sepele, hanya masalah ngobrol. Tapi efeknya sungguh sangat besar. Menurutku angka perceraian yang tinggi di Jawa Timur terutama, bisa jadi disebabkan oleh fenomena ini. Ibu dengan jumlah anak kecil dan tidak memiliki teman untuk menghabiskan persediaan kata.

Bagi para suami atau pria, demi melanggengkan kehidupan rumah tangga, saya menyarankan untuk menyediakan diri agar tetap ngobrol dengan pasangan, meski sesibuk apapun kita.

Inti hidup kita saat ini adalah kondisi kita berbeda dengan orang tua kita, maka siapkanlah dirimu menyambut perbedaan itu.

Bagaimana denganmu kawan?

2 thoughts on “Hubungan Antara Ngobrol dan Angka Perceraian

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s