Membunuh Dua Burung dengan Satu Batu, KPK dan PKS


Two Birds

Membunuh dua burung dengan satu batu? Siapa burungnya dan apa batunya?

Ini bukan sebuah analisa mendalam dari seorang pakar politik. Hanya sebuah tulisan sederhana yang semoga bisa memberikan sedikit pandangan yang berbeda tentang apa yang terjadi antara KPK dan PKS.

Sepulang dari sholat Maghrib di masjid otakku berputar-putar, kenapa dan bagaimana adalah intinya. Lalu tiba-tiba ada sebuah pemikiran entah dari mana dan aku tidak tahu apakah ini logis atau tidak, tapi menurutku logis.

Membunuh dua burung dengan satu batu, pepatah yang sudah tidak asing di telinga kita. Dan dua burung itu adalah KPK dan PKS. Dua lembaga yang memang selama ini dikenal sebagai lembaga dengan integritas.

Maka melihat perkembangan penangkapan presiden PKS oleh KPK dan kasus yang berkembang aku menjadi bertanya, yang manakah yang lebih baik. Apakah dengan Pak Luthfie terbukti suap ataukah tidak terbukti?

Yang pertama adalah dengan terbukti benar bahwa Pak Luthfie terbukti. Maka PKS bisa berlepas dari kader yang memang terbukti bersalah. Masih ingat juga dengan kondisi yang terjadi dengan Pak Arifinto sebelumnya.

Selain itu legitimasi KPK yang tetap terjaga sebagai lembaga yang dihormati dan masih menjaga profesionalitasnya untuk membersihkan korupsi.

Yang kedua adalah bila tidak terbukti benar kasus tersebut dan Pak Luthfie dibebaskan. Efek pemberitaan yang sudah sedemikian besar akan membuat PKS juga merasa berhati-hati dengan KPK.

Dengan adanya dosa ini PKS bisa jadi agak merasa enggan bekerjasama dengan KPK. Dan akan ada alasan untuk melemahkan KPK di DPR. Karena selama ini partai-partai yang di DPR juga sudah mulai resah dengan KPK.

Dan berikutnya adalah KPK juga akan merasa mulai kehilangan kepercayaan diri untuk melanjutkan pemberantasan korupsi karena ada dosa “tidak profesional” dalam kasus ini. Minimal kredibilitasnya turun.

Jadi bila ditimbang kok sepertinya lebih baik terbukti ya? Tapi entahlah namanya juga analisis habis sholat Maghrib dari seorang warga biasa, bukan analisa pakar politik.

Wallahu a’lam

7 thoughts on “Membunuh Dua Burung dengan Satu Batu, KPK dan PKS

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s