Mengetahui “Need atau Want” Pelanggan Menurut Marketer IBM?


Mas Pablo lagi ngajari aku (Surabaya, 2010)

Mas Pablo lagi ngajari aku (Surabaya, 2010)

Ini adalah sebuah diskusi antar aku dengan salah seorang teman IBM London, Pablo Rodera. Kami bertemu dalam sebuah program volunteer IBM. Ia adalah seorang marketer di IBM. Di suatu sore aku ber-skype untuk menanyakan sesuatu kepadanya.

A: Mas Pablo, kami di sini (Surabaya) kok masih merasa sulit mengetahui apa yang diinginkan oleh klien kami ya? Kalau sampean di sana bagaimana caranya?

P: Pertanyaan yang bagus. Banyak faktor sih yang sebenarnya harus dipertimbangkan sebelumnya. Yang pertama adalah hubunganmu dengan mereka. Contohnya seperti ini.

Bila kau tidak kenal baik dengan klienmu, maka bisa jadi mereka tidak terlalu senang memberitahukan kepadamu informasi tentang mereka. Ini adalah masalah kepercayaan. Semakin kenal kamu dengan seseorang, maka semakin baik hubungannya, dan akhirnya semakin banyak informasi yang bisa kau dapatkan.

Jadi jawabanku atas pertanyaan tadi tergantung dengan sedekat apa hubunganmu dengan mereka. Bila ada seorang klien yang tidak terlalu aku kenal, sebelum aku bertanya kepada mereka, aku biasanya memberitahukan dulu apa yang aku tawarkan, hal-hal yang berhasil kami lakukan sebelumnya.

Dan aku juga menegaskan bahwa aku hanya ingin membuat hubungan antara kami berdua sebagai hubungan yang saling menguntungkan. Maksudnya saling menguntungkan, aku ingin membantu mereka. Aku bisa mendapatkan uang yang ditargetkan kepadaku, dan mereka mendapatkan pelayanan yang membantu organisasi mereka menjadi lebih baik.

Ringksannya, ini sebenarnya tentang mengungkapkan bagaimana detilnya, kau bisa membantu organisasi mereka lebih baik dan bila mereka memberitahukan dengan spesifik apa yang mereka ingin capai, maka kau bisa membantu mereka dengan lebih baik karena dengan begitu kau tahu apa yang benar-benar mereka butuhkan.

4 thoughts on “Mengetahui “Need atau Want” Pelanggan Menurut Marketer IBM?

Bagaimana menurutmu kawan?

