“Klopa-Klopo?”


Sonoma's Left Ear

siap mendengar pesan?

Tujuan:

  1. Untuk mengatasi halangan dalam komunikasi
  2. Untuk menunjukkan bahwa kedua belah pihak penmbuat dan penerima pesan sama-sama berperan penting dalam proses komunikasi

Jumlah Peserta: bebas

Bahan: Tanpa bahan

Waktu   : 10-15 menit

Langkah:

Aktivitas ini bertujuan untuk menunjukkan apa sajakah yang dibutuhkan agar bisa dipahami oleh orang lain atau kelompok lain.

  1. Bagi peserta menjadi tiga kelompok, penyampai pesan, penerima pesan dan kelompok pengganggu.
  2. Tiap kelompok membentuk barisan, di mana berurutan penyampai pesan, pengganggu, dan penerima pesan
  3. Penyampai pesan harus berusaha memberikan pesan kepada kelompok penerima, dan pengganggu harus berupaya agar pesan tersebut tidak tersampaikan.
  4. Berikan waktu untuk menentukan strategi dalam menyampaikan dan menerima pesan.
  5. Pesan yang diberikan sebaiknya adalah sebuah kalimat yang menimal terdiri atas tiga kata.
  6. Lakukan ini berulang kali dengan mengganti peran kelompok masing-masing.

Pertanyaan untuk diskusi:

  1. Bagaimana caramu menyampaikan pesanmu kepada kelompok penerima?
  2. Apa yang dilakukan oleh penyampai pesan agar pesan yang dikirim sama dengan yang diterima?
  3. Apakah strategimu berubah saat berlangsung permainan? Berubah di mananya?
  4. Berapa banyak cara yang berbeda yang digunakan dalam komunikasi?
  5. Cara mana yang paling efektif? Kenapa?
  6. Apa alasan yang membuat pesan kita terkadang hilang tenggelam di tempat kerja? Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal itu terjadi?

Inspirasi: The Big Book of Team Motivating Games

 

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s