Alasan Dibalik Yang Pertama Selalu Menang


Aqua bottle

Aqua bottle (Photo credit: Travelin’ Librarian)

Masih kelanjutan dari perkataan Sun Tzu tentang yang pertama datang memungkinkan menang, masih ada kelanjutannya. Dengan keunggulan yang dimilikinya, dia bisa membuat musuh mendekatinya dengan cara yang ia inginkan; atau dengan membuat kerusakan, dia bisa membuat mustahil bagi musuh untuk mendekat.

Bila musuh datang dengan santai, maka dia bisa menyerangnya sehingga membuat musuh tidak tenang; bila musuh memiliki persediaan makanan yang banyak, dia bisa membuat musuh kelaparan; dan bila musuh berkemah, dia bisa mengusirnya.

Ada  sebuah peristiwa yang berkenaan dengan hal ini. Suatu ketika sebuah merek air mineral datang ke kantorku. Mereka minta agar bisa bekerja sama. Merek mereka berasal dari sebuah pondok pesantren besar di Jawa Timur.

Mereka memproduksi air mineral yang menurut mereka berkualitas Aqua namun punya kelebihan yakni mendoakan air mineral. Diyakini dengan doa dari para santri air tersebut akan memiliki keberkahan yang lebih.

Namun mereka mengungkapkan, “Kami tidak bisa memasarkan dengan frontal mas, karena bila itu kami lakukan maka semua produsen galon akan dibeli oleh Aqua, dan kami tidak akan bisa berproduksi, matilah kami.”

Jadi apa yang dikatakan Sun Tzu di atas memang ada benarnya meski kadang dalam dunia bisnis cerita tentang Aqua dan pesaingnya kok tidak fair banget ya? Tapi mungkin begitulah dunia.

Maka yang menjadi alasan yang pertama menang adalah karena ia memiliki pengetahuan di area tersebut lebih dari yang lainnya (pesaing). Lantas apakah mungkin hal itu bisa berubah?

Bagaimana menurutmu?

6 thoughts on “Alasan Dibalik Yang Pertama Selalu Menang

  1. Pioner biasanya merknya jadi lebih tertanam kuat pada konsumen. Kalo orang mau beli air mineral biasanya bilang mau beli aqua. Beli motor juga bilangnya beli honda 🙂

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s