Sebaik-Baik Sahabat Adalah yang Menunjukkanmu pada Kebaikan


Father/Son A and B

Khoirul Ash-haabi man yadulluka alal khoiri

Aku menjadi bertanya-tanya, kenapa seorang pelajar SMP atau SMA bisa menghabiskan enam batang rokok sehari? Apa yang membuat mereka menjadi seperti itu? Bisa jadi semua itu adalah karena sahabatnya.

Dan oleh sebab itu sekarang banyak orang tua yang merasa khawatir dengan anak-anak remaja. Kekhawatiran itu wajar. Dunia remaja memang sebuah fase yang menakutkan dengan segala kenakalannya.

Itu adalah bagian dari perubahan hormonal, fase anak-anak menuju fase dewasa. Dan saat itu persahabatan dengan teman sebaya jauh lebih menarik.

Sepertinya perubahan hormonal ini tidak bisa dihindari, semua anak akan mengalaminya. Yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya adalah mengubah posisi orang tua. Bisakah di saat anak-anak beranjak remaja, ibu dan bapaknya menjadi sahabat mereka?

Karena sekarang saja di saat banyak remaja telah Online, tapi banyak orang tua yang masih gagal internet. Terus bagaimana remaja bisa bersahabat dengan yang tidak selevel dengan mereka? Bagaimana mereka bisa bersahabat dengan orang yang tidak gaul?

Bagaimana orangtua bisa bersahabat dan mengenalkan kebaikan kepada remaja mereka bila tidak kenal dunia remaja? Apakah bapak mereka tahu grup musik yang mereka sukai?

Bukankah lebih baik mereka bertanya kepada ibu bapaknya tentang dunia dewasa (seperti masalah cinta, merokok, narkoba dan tawuran) daripada sahabat sebaya mereka yang juga tidak tahu?

Memang sahabat terbaik adalah yang menunjukkan kebaikan, tapi pertanyaannya adalah, sudahkah orang tua menjadi sahabat bagi anak remaja mereka? Bagaimana menurutmu kawan?

 

5 thoughts on “Sebaik-Baik Sahabat Adalah yang Menunjukkanmu pada Kebaikan

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s