Balik Modal (Impas) = Rugi


losses

Menurutmu, apakah impas itu rugi?

“Wah itu sih namanya rugi Mas. Di dunia nyata tidak ada itu yang namanya impas.” Sahut salah seorang temanku ketika kutanya pengalaman dagangnya apakah ia pernah berurusan dengan rugi.

Ia malah menjawab yang ada itu cuma dua istilah, rugi atau untung. Tidak ada istilah ketiga yakni impas. Karena impas itu sebenarnya adalah rugi.

Selama ini aku mengenal ada istilah impas. Dan aku juga baru tersadar bahwa tidak ada itu yang namanya impas. Apalagi dalam dunia dagang-dagangan kecil seperti yang dilakukan oleh salah seorang temanku itu.

“Kalau saya tidak untung ya berarti saya rugi. Meskipun ada uang tapi kalau hanya cukup untuk mengembalikan modal berarti saya rugi mas. Itu bukan impas, karena tenaga dan waktu kita yang terbuang tidak terhitung.” Begitu jelasnya.

Aku pun hanya manggut-manggut saja. Memang benar apa yang dikatakannya, memang yang ada hanya untung dan rugi, surga dan neraka, tidak ada yang di pertengahan.

Maka demikian juga hidup manusia, sebagaimana yang diterangkan dalam surat Al-Ashr. Semua manusia itu rugi selain mereka yang beriman, beramal shalih, saling mengingatkan tentang kebenaran, dan saling mengingatkan dengan kesabaran.

Rugi karena modal yang diberikan Allah sudah terlalu besar untuk bisa kita hitung. Oksigen yang kita hirup, tiap sel darah merah yang mengantarkannya, sel darah putih yang melawan penyakit yang datang. Kalau dihitung terlalu besar modal yang diberikan Allah kepada manusia.

Jadi kalau dia tidak beriman, beramal shalih, saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran pastilah dia menjadi manusia yang rugi. Karena dia tidak mungkin bisa melunasi modal yang diberikan Allah kepadanya.

Wallahu a’lam. Bagaimana menurutmu kawan?

13 thoughts on “Balik Modal (Impas) = Rugi

  1. Mantap, ijin share mas.
    Seperti “Masalah dan Solusi’, dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Dan hal yang tidak mungkin jika kita berada ditengahnya, jika sudah pada waktunya semuanya akan dilewati.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s