Bisa atau Mau?


will u marry me?

will u marry me? or can u marry me? (Photo credit: weennee)

Hal yang satu ini sudah sering dilakukan istriku. Dengan ini, seorang pria akan melakukan hampir apapun. Iya betul hampir apapun. Dan ini juga sudah terbukti berulang kali padaku juga beberapa temanku di kantor.

Caranya  adalah menggunakan kata “Bisakah?”. Sebagai contoh bila istriku berkata kepadaku, “Hunny, bisakah kau memindahkan meja ini?” Maka pastilah jawabanku, “Oooo bisa!”

Tidak lama kemudian  dia berkata lagi kepadaku, “Sayang, bisakah kau membantuku memotong bawang merahnya?” Dan sekali lagi tentu saja aku menjawabnya, “Bisaaa”.

Tidak lama berselang ia kembali memintaku, “Sayang, bisakah menggantikan aku memasak sayur ini, aku ada perlu sebentar?” Dan kau bisa menebak apa jawabanku, “Bisaaaa.”

Jengkel dan merasa dimanfaatkan memang rasanya bagi seorang pria ketika mendapatkan pertanyaan, “bisakah?”. Tapi ketika akan menjawab “tidak bisa” rasa ego kelaki-lakian muncul. “Masa untuk melakukan hal seperti itu saja aku tidak bisa.” Terjebak deh dalam “penindasan”.

Tapi jangan salah, kata pertanyan “bisakah?” tidak bisa memunculkan komitmen dan motivasi dalam diri pria. Yang bisa memunculkan motivasi dan komitmen adalah “Maukah?”.

Dan rasanya pasti berbeda. Karena “maukah?” bisa memunculkan jawaban “tidak mau”. Tapi ketika perempuan ingin menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan komitmen yang penting, ia sebaiknya menggunakan “Maukah”. Karena jawabannya akan memberikan kejelasan posisi pasangannya.

Makanya pertanyaan untuk menikah itu bukan ,”Bisakah kau menikah denganku?” tapi “Maukah kau menikah denganku?”

Bagaimana menurutmu?

11 thoughts on “Bisa atau Mau?

  1. setuju mas. inti dari pertanyaan itu sebenarnya ‘maukah’.

    salah satu prinsip di kantor saya ini yang saya suka:
    ‘Bukan bisa atau tidak bisa melainkan mau atau tidak mau’

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s