Strategi itu Berarti Sengaja Menjadi Berbeda


Chess Set by Dan Zen

Apa Strategimu

Sun Tzu berkata, “Sebuah pasukan bisa melewati sebuah wilayah tanpa tekanan bila wilayah itu tidak dilewati oleh pasukan musuh.”

Aku merasa pernah membaca sesuatu tentang ini dalam sebuah buku marketing. Sebuah cara agar tidak ada kompetitor yang masuk dalam kategori yang kita buat.

Dan aku tersadar ketika aku teringat tentang sebuah konsep tentang “apa itu strategi?”. Aku juga agak bingung menjelaskan apa itu strategi karena aku juga tidak banyak mendapatkan kuliah di situ. Tapi ada 4 cerita tentang apa itu strategi.

Yang pertama adalah sebuah perusahaan yang bernama Jiffy Lube International. Mereka memilih untuk hanya melayani penggantian oli saja, bukan layanan bengkel lain. Dengan strategi ini malah customer lebih senang karena waktu pelayanan menjadi lebih cepat.

Yang kedua adalah Bessemer Trust. Perusahaan perbankan yang hanya mentarget keluarga kaya yang investasinya minimal US$ 5 juta. Pelanggan mereka tidak ke bank, Bessemer Trust yang menemui mereka. Selain itu mereka juga melayanai berbagai macam investasi. Asalkan minimal US$ 5 juta.

Sebaliknya adalah citibank. Citibank hanya meminjamkan uang. Ia tidak melayani yang lain. Bila ada pelanggan yang ingin layanan yang lain, maka Citibank akan mengarahkan bagian lain, yang lebih spesialis. Dan ini membuat mereka berdua, Bessemer dan Citibank berbeda dari bank lain.

Dan ketiga adalah Carmike Cinema. Mereka adalah bioskop yang hanya buka di daerah yang penduduknya kurang dari 200.000 jiwa. Dan nyatanya dengan cara ini mereka malah bisa mendapatkan keuntungan.

Menjadi berbeda sepertinya adalah pilihan utama di dunia bisnis yang penuh ragam. Dan ketika kita melewati kategori yang tidak pernah dilewati oleh yang lain, kita akan melenggang dengan nyaman.

Bagaimana menurutmu? O iya ini ada artikel aslinya “What Is Strategy” dari Michael E. Porter bila kau ingin tahu keseluruhan tentang apa itu strategi.

What Is Strategy pdf – Download

7 thoughts on “Strategi itu Berarti Sengaja Menjadi Berbeda

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s