Apa yang terjadi dengan Tulisanku?


Heroes of Might and Magic III

Inilah masalah di tulisanku

Aku sendiri juga tidak tahu. Kukira aku sudah menulis dengan performa terbaikku. Tapi ternyata ada permasalahan yang sebelumnya tak kusadari berefek pada kualitas tulisanku.

Mungkin sebagian dari kalian tahu atau tidak, aku juga tidak tahu. Tapi yang jelas ada satu orang yang mengungkapkannya. “Tulisan sampean kok berubah ya Mas?” kata Bu Ika. “Masak sih?” Jawabku.

Tapi harus kuakui memang ketika menulis soal strategi dan bahasa bersayap calon istri musa itu aku sedang ada masalah. Dan itu ngefek betul di tulisan yang kubuat.

Biasanya saat aku menulis aku, membutuhkan waktu untuk merenung lebih dulu. Agar tulisanku itu benar-benar taste-nya itu hanya milikku. Meski tema dan topik bisa jadi sama, tapi taste-nya berbeda.

Aku juga pernah menulis ngepleg menerjemahkan langsung dari artikel aslinya. Dan ketika kubaca rasanya tidak enak, kaku, aneh dan lain sebagainya. Dan itu jugalah yang terjadi di dua tulisanku.

Masalah apa yang muncul? Sebuah masalah sepele sebenarnya. Syahwat untuk nge-game itu muncul. Sesuatu yang sebenarnya sudah lama terkubur. Tapi karena terkubur hidup dan punya lubang udara, terkadang dia menyapa dan mengucap hai.

Aku pun menggalinya. Harap-harap cemas apakah mungkin syahwat yang satu ini bisa kutangani atau kukendalikan? Karena aku merasa kangen dengan masa-masa game mania muncul. Semua sepertinya gak mikir yang penting nge-game.

Tapi kenyataannya aku masih belum mampu. Ketika syahwat game muncul, ia menyedot semua waktu, oksigen dan perhatian di otakku. Sangat sedikit energi yang tersisa untuk menulis. Terlalu sedikit. Akhirnya taste itu hilang. Padahal taste itu yang membedakan antara aku dan kalian.

Tapi kini aku telah menemukan game yang sempurna. Jadi aku bisa tetap menulis dan nge-game dengan kualitas yang sama-sama terbaik. Semoga.

Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu kawan?

