Pilih Concern atau Influence?


two circles

Yang mana yang lebih besar? Concern atau Influence?

Di dalam hidup ini, aku, kau, masing-masing kita memiliki dua lingkaran. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Covey. Lingkaran yang pertama ia namakan Circle of Concern, dan yang kedua ia namakan Circle of Influence.

Circle of Concern itu berisi semua hal yang terjadi di dunia dan itu berpengaruh terhadap diri kita baik secara langsung dan tidak. Dan hal-hal itu tidak bisa kontrol, kita tidak bisa merubahnya.

Peluncuran rudal oleh Korea Utara, pengumuman Oscar, penetapan tersangka kepada LHI dan AU, bahkan kasus Jupe yang jadi buronon. Semua itu termasuk dalam Circle of Concern. Bahkan termasuk juga di dalamnya, perilaku teman kerja, rewelnya pelanggan, dan jeleknya nilai rapor anak kita.

Circle of Influence berisi dengan hal-hal yang bisa kita kontrol. Apa? Ya diri kita, pandangan kita terhadap lingkungan dan keluarga, perilaku atau tingkah laku kita. Semua ini adalah Circle of Influence.

Dan orang yang baik, atau dalam bahasa Covey, orang yang proaktif itu senantiasa berusaha mengecilkan Circle of Concern dan memperbesar Circle of Influence-nya. Akhirnya dia menjadi orang yang berperilaku positif.

Lalu aku teringat sebuah hadits Nabi Muhammad saw. Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Berbahagialah orang yang tersibukkan dengan aibnya, sehingga ia tidak memperhatikan aib orang lain.” Riwayat Al-Bazzar.

Perintah proaktif itu ternyata sudah ada sejak 14 abad yang lalu. Meski dengan bahasa yang berbeda tapi isinya tetap sama, perbaiklah dirimu terlebih dahulu.

Dan manakah lingkaranmu yang lebih besar? Concern atau Influence?

Wallahu a’lam

4 thoughts on “Pilih Concern atau Influence?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s