Di Level Berapa Persahabatanmu?


Mana level persahabatanmu? (sumber gambar: flickr.com)

Mana level persahabatanmu? (sumber gambar: flickr.com)

Tahukah kalian arti kata sahabat? Maksudku arti kata sebenarnya. Bukan arti kata yang menurut masing-masing kalian. Aku menemukan arti kata ini dari kamus Al Munjid. Kamus Oxford-nya bahasa Arab.

Ya, mungkin beberapa orang tidak merekomendasikannya. Tapi untuk saat ini aku baru memiliki kamus ini. Jadi untuk sementara aku gunakan saja yang ada. Dan nyatanya menurut kamus ini ada tiga arti dari kata sahabat.

Dan ketiga-tiganya menurutku menunjukkan tingkat atau level persahabatan itu sendiri. Yang pertama, sahabat itu artinya orang yang menjadi tempat bertemu dan berkumpul. Ini adalah dimensi fisik dan inilah dasarnya.

Orang menjadi sahabat diawali dengan seringnya bertemu dan berkumpul. Dan dari seringnya bertemu dan berkumpul maka satu  sama lain akan lebih mengetahui seluk beluk sahabatnya. Lalu muncullah level sahabat yang kedua.

Memberikan manfaat atau bantuan. Dari pengetahuan tentang masing-masing, tiap orang bisa mengetahui masalah dan bantuan yang dibutuhkan. Maka tingkat persahabatan akan semakin dalam ketika ia bisa memberi manfaat atau bantuan kepada yang lain.

Dan bila memberikan manfaat dan bantuan ini berlanjut, naiklah ia menuju tingkat persahabatan yang ketiga. Persahabatan yang terikat dan tak terpisahkan.

Ikatan hati atau batin muncul, sehingga meski ada permasalahan yang datang, atau jarak yang memisahkan tetap saja ikatan itu tidak hilang. Perpisahan malah sering makin membuat sosok sahabat terbayang.

Dan itulah arti kata sahabat menurutku yang kuambil sarinya dari kamus Al-Munjid. Bagaimana menurutmu? Adakah sahabatmu yang ada di level ketiga? Atau jangan-jangan persahabatanmu baru di level pertama. Wallahu a’lam.

4 thoughts on “Di Level Berapa Persahabatanmu?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s