Tahukah Kau Ciptaan Terbaik Allah?


Castelluccio, la pineta "Italia"

bagi yang memiliki ternak tapi tidak lalai dengan ternak dan tetap berzakat, ia adalah khoirul bariyyah.

Suatu ketika Rasulullah saw berkata kepada para sahabatnya, “Maukah kalian kuberitahu apa itu khoirul bariyyah (ciptaan terbaik)?” Serentak para sahabat menjawab, “Tentu saja kami mau Ya Rasulullah.”

“Seorang laki-laki yang mengendalikan kudanya. Ketika ia melihat musuh berada di hadapannya ia merasa takut dan karena takutnya itu ia menangis. Namun tetap saja ia menaiki kudanya untuk melawan musuhnya. Itulah khoirul bariyyah.”

Tapi pelajaran dari Rasulullah tentang khoirul bariyyah belum berakhir. Beliau kembali bertanya, “Maukah kalian kuberitahu apa itu khoirul bariyyah?” Serentak para sahabat menjawab, “Tentu saja kami mau ya Rasulullah.”

“Seorang laki-laki yang memiliki banyak ternak kambing, namun ia tidak lupa untuk shalat kepada Tuhannya dan membayarkan zakat atas ternak yang dimilikinya, itulah khoirul bariyyah.” Jawab Rasulullah.

Kawan, dua karakter inilah yang menunjukkan apakah kau sebagai manusia bisa mencapai derajat terbaik atau tidak. Yang pertama adalah ketika kau menghadapi kesulitan atau kewajiban yang berat bagi dirimu.

Dalam Islam memang tidak semuanya ringan. Begitu juga dalam kehidupan, tidak semuanya berjalan mulus sesuai dengan apa yang kau harapkan. Terkadang kau berhadapan dengan masalah-masalah atau kewajiban yang menurutmu terlau besar bagimu.

Saking besarnya permasalahan atau kewajiban itu hingga membuatmu takut dan menangis. Tapi orang yang beriman tetap bergerak meskipun sadar bahwa yang ia hadapi bukanlah sesuatu yang kecil melainkan berat dan dahsyat.

Begitu juga ketika berhadapan dengan kenikmatan. Seseorang yang layak mendapatkan level ciptaan terbaik itu senantiasa sadar bahwa harta yang diberikan oleh Allah itu hanya sekedar titipan. Ia tidak lengah.

Ia tetap melakukan kewajibannya untuk shalat dan menunaikan kewajibannya dalam berzakat. Ia tidak disibukkan oleh urusan hartanya dan pelit terhadap perintah Allah untuk menunaikan hak hartanya.

Dua kriteria itulah yang menjadi ukuran khoirul bariyyah (ciptaan terbaik) yang menurut Abu Hurairah ra. derajatnya bahkan bisa mengalahkan malaikat.  Tidakkah kau ingin meraihnya?

Sumber inspirasi: Tafsir Ibnu Katsir Surat Al Bayyinah: 7

3 thoughts on “Tahukah Kau Ciptaan Terbaik Allah?

  1. Makasih sharingnya mas. Beberapa minggu yang lalu saya tercenung dengan ayat,” Dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu…” bukan tidak pernah membaca tapi lebih ke perenungan hingga melahirkan sebuah pertanyaan,”Mampukah aku?”

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s