Dua Model Utama Marketing


The Walkman

sebelum kemunculannya, tidak ada customer yang butuh, tapi setelah muncul ia dicari-cari

Dulu aku tidak memahami apa itu marketing. Walaupun sekarang juga tidak bisa dibilang tahu mendalam tentang marketing, tapi minimal aku bisa memberikan dua pendekatan tentang marketing yang kuketahui.

Yang pertama adalah sebagaimana yang dijelaskan oleh Peter Drucker. Tujuan marketing adalah membuat selling tak lagi dibutuhkan. Bingung juga ya untuk memahami kalimat Mbah yang satu ini.

Intinya begini, bila selling prosesnya dimulai dari produksi yakni sebuah organisasi atau perusahaan membuat sebuah produk, maka tugas berikutnya adalah bagaimana caranya agar produk itu bisa terjual. Ini namanya selling.

Maka marketing sebaliknya, ia terlebih dahulu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh customer-nya. Nah berdasarkan pengetahuan tentang customer itulah baru pabrik membuat produknya.

Tapi menurutku ada banyak juga produk yang tidak mendasarkan pada dua dasar ini. Mereka membuat pakem baru yakni customer itu tidak tahu apa yang mereka butuhkan sebelum muncul produk kita.

Hal ini diprakarsai oleh Xerox dengan mesin fotokopinya. Saat itu orang mungkin tidak berpikir butuh fotokopi sebelum mesin fotokopi itu ditemukan. Kini kebutuhan untuk mesin fotokopi itu masih ada hingga sekarang.

Kemudian ada Sony dengan walkman-nya. Mungkin customer tidak tahu apakah mereka butuh walkman sebelum walkman itu dibuat oleh Sony.

Dan yang terakhir ada produk-produk Apple. iPod, iPad, iPhone, semuanya tidak berdasarkan kebutuhan pasar, karena customernya sendiri tidak tahu apakah mereka butuh produk-produk Apple sebelum produk itu muncul.

Kesimpulannya, ada dua pendekatan untuk masalah marketing. Kau bisa gunakan pendekatan marketing murni sebagaimana yang diajarkan Mbah Drucker atau ikuti pendekatan selling dengan produk yang “insanely great” ala mendiang Steve Jobs.

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s