Kerahasiaan Iwan Fals dan Demokrat


Iwan Fals

Iwan Fals (Photo credit: Benny Chandra)

Sun Tzu berkata, “Oh wahai seni tipu muslihat dan kerahasiaan! Melalui dirimu kami belajar tidak terlihat, melalui dirimu tidak terdengar; dan karena itu kami bisa memegang nasib musuh di tangan.”

Ketika membaca perkataan Sun Tzu ini aku teringat dua hal yakni Iwan Fals dan Partai Demokrat. Apakah ada hubungannya dua hal ini? Tidak berhubungan sebenarnya tapi memberikan contoh yang pas menurutku.

Iwan Fals adalah seorang seniman yang entah sadar atau tidak, ia mengamalkan ilmu Sun Tzu ini. Mengapa demikian? Karena memang sangat jarang Iwan Fals menggaduhkan diri dan hasil karyanya.

Tahu-tahu ia sudah mengeluarkan album baru, menggelar konser di sekian tempat, melakukan aktivitas sosial di berbagai tempat. Semua aktivitasnya tidak harus digaduhkan begitu juga dengan kehidupan pribadinya.

Semua menjadi damai dan tenang bagi Iwan Fals serta orang yang di dekatnya. Dan karena itu ia menurutku adalah salah satu seniman yang terhebat yang dimiliki oleh Indonesia.

Bagaimana dengan Demokrat? Ini menurutku adalah contoh kegaduhan. Di saat harusnya menutupi borok, menyembuhkan borok atau bahkan mengaputasi borok yang tidak bisa diselamatkan, mereka malah gaduh.

Akhirnya, rahasia mereka tersebar, bau boroknya melebar ke mana-mana. Dan hasilnya bukan menggenggam nasib lawan politiknya, tapi sebaliknya, lawan politiknya yang memegang nasibnya.

So, bila kau ingin berkarya, kadang kau tak perlu berkoar-koar. Biarlah hasil karyamu yang menunjukkan jati dirimu. Dan ketika hasil karyamu telah berhasil diketahui oleh orang tanpa kau kenalkan, itulah langkah awal kesuksesanmu.

Yuk beradu hasil karya!

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s