Siapa Secondary Customer-mu?


An automatic switch

An automatic switch (Photo credit: Wikipedia)

Aku tersenyum-senyum sendiri. Para pemuda itu bingung. Pompa yang harusnya mengeluarkan air itu berhenti. Mereka juga tidak tahu apa yang harus dilakukan. Akhirnya mereka membilas sabun yang ada di motorku dengan air berwadahkan ember.

Ini mengingatkanku sebuah cerita dari Mbah Drucker. Ada sebuah produsen sekering listrik (circuit breaker) yang memproduksi sebuah sekering namun harganya lebih mahal dari para pesaingnya.

Anehnya, sekering ini ternyata lebih laku dari pada yang murah. MbahDrucker bercerita ini adalah karena sang produsen memahami siapa secondary customer-nya.

Untuk pangsa pasar sekering pasti primary customer-nya adalah pemilik rumah baik yang baru atau sedang mengalami perbaikan. Tapi produsen ini melihat secondary customer yang waktu itu tidak banyak diperhatikan produsen lain.

Secondary customer-nya adalah pemborong pengerjaan rumah. Dengan saklar yang murah para pemborong itu harus menyewa tukang listrik yang ahli untuk memasangnya.

Jadi meski harga sekeringnya murah tapi biaya pasangnya mahal. Maka produsen sekering yang jeli ini memilih memproduksi saklar yang lebih mahal harganya tapi lebih mudah dipasang. Cukup dengan pekerja biasa tak perlu tukang listrik yang ahli.

Jadi sekeringnya memang mahal tapi totalnya lebih murah karena biaya pasangnya jauh lebih rendah.

Para pengusaha cuci motor yang kudatangi harusnya paham bahwa bila karyawannya tak paham masalah mesin dan kerusakannya, lebih baik ia mengeluarkan biaya lebih untuk dapat mesin yang lebih baik, awet, mudah perawatannya.

Meski harganya jauh lebih mahal, tapi dalam jangka panjang, ia bisa mendapat keuntungan lebih. Karyawan tak perlu yang pintar alias bergaji murah. Alatnya juga tidak berulang kali rewel.

Bagaimana menurutmu? Apakah kau tahu siapa primary dan secondary customer-mu?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s