Panduan Ringan tapi Tetap Profesional untuk Nge-Blog


Barney-reads-ProBlogger

Sudah punya bukunya?

PROBLOGGER, buku inilah yang membuatku bersemangat untuk nge-blog entah ke berapa kalinya. Setelah putus-nyambung dengan blog, aku putuskan untuk lebih menseriusi blog ini. Inginnya sih seperti penulisnya. Dapet uang dari blog.

Di buku ini ada kisah hidup bagaimana awal penulis yang bekerja part time, akhirnya kemudian menjadi blogger full time. Mungkin yang menjadi kata kunci adalah komitmen dan konsisten.

Selain dua kata di atas sebenarnya ada kata kunci lagi yang penting sekali, FOKUS. Kadang untuk dicari orang tidak cukup bermodalkan SEO. Walaupun keyword dan judul blog pasti berpengaruh.

Tapi bila sekarang baru memulai, maka sebagian besar keyword pasti telah terambil oleh blogger lain, menurutku yang menjadi penting adalah fokus. Diniati sejak awal, siapakah kamu, dan kenapa orang harus mencarimu? Mengapa orang harus membaca artikelmu?

Bila kau tidak menjadi orang yang kompeten dalam bidangmu, maka kau hanya akan menjadi penggembira. Apalagi kalau cuma modal copy paste, insya Allah tidak berumur panjang. Jadi temukan orisinalitas dan fokusmu.

Sebelum menulis atau memulai aktivitas nge-blog ada baiknya kamu ngecek blog-blog yang hebat dan terbaik. Untuk mencari gambaran tentang desain, gaya bahasa, dan juga topik yang menjadi bahasanmu.

Setelah kamu mencari, baca dulu blog itu, ikut komen di sana. Itu aktivitas yang dianjurkan sebelum kau mulai nge-blog. Kalau sudah terlanjur nge-blog dan belum melakukan aktivitas seperti itu bagaimana? Tidak ada kata terlambat kok.

Memang sih, semuanya kembali kepada diri masing-masing, niat ngeblog profesional atau cuma alakadarnya? Bila memang ingin jadi blogger pro, harus banyak belajar, tidak hanya modal copy-paste saja.

Bagaimana menurutmu? Sudah punya bukunya belum? Menurutku buku ini untuk blogger nilainya 8, menurutmu?

8 thoughts on “Panduan Ringan tapi Tetap Profesional untuk Nge-Blog

  1. belum punya bukunya mas. πŸ™‚
    sekarang sih belum kepikiran lagi untuk menjadikan blog sebagai sumber uang. tapi coba deh mas buka simpletom, blog yang saya ikuti dan suka saya reblogged. dia sudah melakukannya. dan tulisan2nya sangat inspiratif – bukan untuk dapat uangnya saja ya. tapi memang inspirasi untuk hidup.
    punya buku di rumah, blog marketing, buku lama, tapi belum pernah dibaca juga. πŸ˜€

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s