Jangan Menghina Orang Miskin tetapi Jadilah Penolong Baginya


Poor Chinese

Laa Tahtaqir Miskinan Wa Kun Lahu Mu’iinan

Mahfudzot ini mungkin agak asing terdengar, tidak seterkenal Man Jadda Wajada. Tapi tetap saja mahfudzot ini tetap menjadi panduan yang berharga bagiku dan semoga saja bagimu kawan.

Sejauh yang aku ketahui, miskin atau kaya, ganteng – cantik atau jelek, kadang bukan manusia yang meminta. Ada orang yang memang sudah ditakdirkan oleh Allah menjadi orang yang miskin.

Ia tetap bekerja keras, bekerja cerdas, namun sepertinya pekerjaannya tidak terlalu signifikan meningkatkan kekayaannya. Maka kau takkan tahu apakah kemiskinannya ini memang karena perilaku jeleknya ataukah ujian dari Tuhannya.

Maka Allah swt pun memberikan panduan bagaimana menolong mereka dan siapakah mereka yang lebih layak kau tolong kawan.

Ketika kau menolong mereka, lebih baik kau memberikan bantuan tersebut secara tersembunyi. Jangan menampakkan dirimu yang membantu mereka. Jangan pula menampakkan bahwa kau memberikan “bantuan.”

Kedua hal itu akan menjaga hatimu dan hati mereka yang menerima. Kau tidak akan tergoda untuk menghitung kebaikanmu sehingga memunculkan riya’. Dan mereka juga akan terjaga hatinya dari menjadi orang yang berhati kecil, merasa menjadi beban bagi orang lain.

Siapakah orang yang lebih layak kau bantu? Allah memberikan ada dua kategori miskin. Ada yang meminta-minta dan yang tidak meminta. Miskin yang tidak meminta inilah yang lebih tepat kau bantu.

Mereka menjaga harga diri. Mereka tetap bekerja keras. Mereka malu menengadahkan tangan selain kepada Allah Tuhan semesta alam. Mereka terlihat seperti orang yang berkecukupan karena sikap mereka.

Inilah tantangan bagi para penolong. Mampukah mereka menjaga hati dan menemukan yang butuh bantuan tapi menjaga harga diri mereka? Bagaimana menurutmu kawan?

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s