This Is My Strength


Strong Man Bot

What are you strong at?

Ini  adalah sebuah lanjutan diskusi dengan mas Ryan terkait masalah segmentasi. Namun arahnya menjadi berubah karena produk yang dijual adalah diri sendiri atau kemampuan pribadi.

What Am I Best At? Itulah yang mungkin menggambarkan pertanyaan yang diajukan oleh Mas Ryan. Pertanyaan itu pula yang membawaku melanglang buana ke negeri pelatihan dan personality atau kepribadian.

Mulai dari enneagram dan multiple intellegence, semua adalah hal yang menarik buatku. Semuanya bertujuan untuk mencari tahu What Am I Best At? Sehingga diri kita bisa benar-benar bermanfaat “full.”

Bahasa kerennya “Live with no regret.” Barangkali itulah cita-citaku dari dulu hingga sekarang, dan mungkin juga bagi Mas Ryan dan juga beberapa dari kalian. Lalu aku bertemu buku First, Break All The Rules.

Buku ini membawaku ke buku lain, Strengths Finder. Bukan bermaksud untuk menawarkan tapi aku telah membaca bukunya, jurnal tentang metodenya dan searching di google tentangnya.

Dan kesimpulannya, It is worth it. Aku merasa benar-benar bisa menemukan What Am I Good At. Dan harapannya beberapa waktu di akan datang aku bisa benar-benar menjadi What Am I Best At.

Aku menemukan beberapa kategori Talent yang ada pada diriku:

  1. Context
  2. Belief
  3. Communication
  4. Deliberative
  5. Discipline
  6. Command
  7. Analytical
  8. Empathy
  9. Strategic
  10. Self Assurance

Ini hasil lebih lengkapnya (ingat! ini bukan dari situs resminya): My Free Strengths Test Results are. Kalau mau ikut test yang gratisan juga boleh di freestrengthsfinder.

Sebenarnya talent yang paling optimal adalah lima terbesar, tapi karena tes kulakukan bukan di situs resmiya, maka 10 terbesar yang kuikutkan. Atau paling tidak aku sudah tahu apa yang tidak seharusnya kutingkatkan.

24 talent sisanya bukanlah talent-ku, akan butuh kerja ekstra keras bagiku untuk menumbuhkan ke-24 talent itu. Daripada melakukan itu, lebih baik aku menumbuhkan ke-10 talent terbaikku.

Silahkan kalau memberi masukan.

9 thoughts on “This Is My Strength

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s