Yang Perlu Kau Ketahui tentang Baterai Lithium


Blackberry Mobile Phone & Lithium Battery

Blackberry Mobile Phone & Lithium Battery (Photo credit: BitchBuzz)

Berawal dari baterai BB yang sudah menggelembung dan sering drop, maka aku pun berburu info tentang baterai, terutama yang berbahan dasar Lithium.

Salah seorang teman mengatakan bahwa temannya memiliki cara khusus agar menjaga baterai BB nya tetap awet. Caranya, dia menyarankan agar dua bulan sekali, baterai dibiarkan habis kemudian di-charge hingga penuh.

Menurutku, masih kurang meyakinkan. Ada banyak penjelasan yang belum memuaskan keingintahuanku. Maka aku akan bertanya kepada penjaga toko penjual baterai.

Dan aku pun bertanya, “bagaimana mbak caranya biar baterainya bisa tetap awet?” “Setelah ini matikan dan charge sampai penuh mas, jangan dipakai dulu.” Begitu katanya. Menurutku juga kurang memuaskan, maka aku mencari kepuasan di tempat lain.

Aku searching di mbah google soal baterai lithium. Aku menemukan beberapa situs yang kubaca dengan segera. (situs 1, situs 2, Situs 3)Hasilnya?

  1. Baterai Lithium usianya hanya 2-3 tahun. Jadi meski disimpan, usianya terus berjalan. Maka ketika membeli baterai, cek dulu tanggal pembuatannya. Jangan sampai kau hanya menikmati satu tahun, karena satu tahun sisanya telah dihabiskan di gudang.
  2. Jangan dibiarkan sampai habis. Berlawanan dengan saran di atas, ternyata bila baterai Lithium dibiarkan habis, maka komponen elektrodanya akan rusak. Charge ketika indikator baterai mulai mendekati satu kotak.
  3. Hindari panas. Baterai lithium tidak tahan panas. Begitu terkena panas yang berlebih, maka usianya akan berkurang. Jangan letakkan baterai (baik yang ada di laptop atau handphone) dalam ruangan yang panas.
  4. Jangan ditinggal tidur saat charge baterai. Ketika listrik yang dimasukkan berlebih, kondisi baterai bisa menjadi panas dan akan mengakibatkan No. 3 terjadi.
  5. Untuk Laptop, bila digunakan untuk jangka waktu lama atau menjalankan program yang berat dan memakan listrik cukup besar, maka lebih baik baterai dicopot.
  6. Sering di-charge tidak masalah. Asalkan ketika sudah full, segera cabut dari kabel charger.

Itu hasilku berburu info soal baterai Lithium, ada tambahan atau sanggahan dipersilahkan.

2 thoughts on “Yang Perlu Kau Ketahui tentang Baterai Lithium

    • Makasih mas, awalnya saya juga gak tahu kalo batere juga punya usia. sekarang punya referensi lagi ketika mau beli batere hape atau laptop

Bagaimana menurutmu kawan?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s